Saturday 6 June 2015

Unity Tutorial : C# ~ Pengenalan Method-Method Utama di Unity

Advertisement



Di Unity ada beberapa Method utama yang sering digunakan dalam pembuatan game, berikut adalah method-method C# unity.




1. Void Awake();
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start(). 
contoh :

void Awake(){
     anim = GetComponent<Animator>();
     player = GameObject.Find("Player");
     partikel = enemy.GetComponent<ParticleSystem>();
     darahUtama = GetComponent<DarahUtama>();
}


2. Void Start();
Void Start() hanya akan mengeksekusi listing program satu kali dan di awal program dijalankan. Void Start () digunakan untuk melakukan eksekusi perintah saat running dijalankan.
contoh :

void Start(){
     umur = 20;
     darahPemain = DarahUtama;
     Phi = 3.14159265;
}


3. Void Update();
Void Update() akan mengeksekusi program per frame artinya akan terus mengeksekusi listing program selama program berjalan. Void Update() digunakan untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi.
contoh :

void Update(){

      time += Time.DeltaTime;
      Debug.Log("void update");
      if(darah <= 0) { Die();}



4. Void FixedUpdate();


Memiliki fungsi yang sama dengan void Update(), perbedaannya void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate(); lebih fokus ke prubahan fisik.
contoh : 

void FixedUpdate(){
     rigidbody.AddForce(Vector3.up);
}


5. Void LateUpdate();

LateUpdate akan terlambat dieksekusi ketika program dijalankan, contoh yang paling sering digunakan adalah ketika camera mengikuti gerakan pemain, maka listing program camera ditulis di LateUpdate();


6. Void OnGUI();
OnGUI biasa digunakan pada Unity versi 4.5 kebawah, method ini digunakan untuk mengeksekusi perintah atau komponen GUI
contoh :

void OnGUI(){

      GUI.Button(new Rect(10,10,100,20), "Tombol");
}





EmoticonEmoticon