Friday 5 June 2015

Unity Tutorial : Animator ~ Menjalankan Animasi dari Blender di Unity [part 1]

Advertisement


Sebelum memulai, diharapkan sudah memahami tiga part tutorial tentang Menambah Animasi pada Objek Game di Unity [part 1]



MULAI

Buat objek 3D bebas di blender dan tambahkan beberapa aksi animasi.

                 : Basic Animasi pada Blender


Kemudian impor dan pisahkan tiap aksi animasi yang ada pada objek. Pada tutorial ini vcg sudah membuat sebuah virus dengan 3 aksi animasi yaitu "berjalan", "diam" dan "meledak"



Tahap pertama adalah menambahkan Animator Controller, di dalam folder virus klik kanan - create - Animator Controller, kemudian kasih nama, vcg memberi nama VirusAC.

Animator Controller berfungsi untuk mengatur, mengedit animasi pada objek.



Klik virus di hirarki, lihat jendela inspektor pada menu Animator, tambahkan virusAC ke controller.



Sekarang buka jendela Animator dan masukan animasi ke dalam jendela Animator. Jika jendela tidak muncul coba klik terlebih dahulu Animator Controllernya (VirusAC).



Saatnya mengatur keterhubungan antar animasi.

Karena tidak ingin ada animasi default pada objek, maka dibuat animasi kosong, pada jendela Animator klik kanan - create state - empty, kemudian beri nama "kondisi awal". Ketika game di-play objek tidak menjalankan animasi apapun.

Buat keterhubungan dari "Any State" ke animasi Berjalan dan Meledak.

Any State bermaksud bahwa animasi Berjalan dan Animasi Meledak dapat dijalankan dalam keadaan apapun.



Saatnya membuat parameter untuk hubungan animasi. Parameter yang akan digunakan adalah "Trigger", dimana parameter ini akan menjalankan animasi ketika sebelumnya ada event/kejadian yang terjadi, contoh ketika klik kiri ditekan maka animasi menembak dijalankan.




Karena ada 2 animasi yang berbeda, maka dibuat 2 parameter trigger yang berbeda.
- parameter Animasi Jalan
- parameter Animasi Meledak



Sekarang tambahkan parameter tersebut ke hubungan animasi, pertama klik keterhubungan dari any state ke animasi berjalan, kemudian lihat inspektor ubah kondisi ke parameter Animasi Jalan.



Lakukan hal sama pada keterhubungan antara Any State dan animasi Meledak.

Tahap selanjutnya adalah menjalankan animasi menggunakan listing program di tutorial Animator : Menjalankan Animasi dari Blender di Unity [part 2]


SELESAI


EmoticonEmoticon