Wednesday 10 June 2015

Unity Tutorial : UI Unity ~ Komponen UI Text

Advertisement

Komponen UI Text biasanya digunakan untuk membuat tulisan, kata atau kalimat, UI Text juga biasa digunakan untuk membuat menu sederhana dan informasi dari sebuah game.



Ubah mode game jadi mode 2D, kemudian tambahkan komponen UI Text, GameObject - UI - Text.



Atur Rect Transform sesuai selera, di sini vcg hanya menambah Width = 200 dan Height = 100, untuk memperluas area UI Text.



Atur juga menu Text(Script), vcg merubah jenis font, font dapat di download di internet dan simpan di dalam folder "Fonts", atur font size sesuai selera.

Kemudian buat 2 C#script  yaitu UITextScript.cs dan UITextScriptB.cs seperti listing program di bawah :


1. UITextScript.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;

public class UITextScript : MonoBehaviour {

Text tulis;

void Awake(){
tulis = GetComponent<Text>();
}

void Update () {
tulis.text = "Ayo Makan";
}
}


Penjelasan : 
Pada header script ditambahkkan "using UnityEngine.UI" alasannya karena pada program ini akan mengakses komponen UI.

Text tulis;
Text adalah komponen UI yang akan diakses melalui variabel tulis.

tulis = GetComponent<Text>();
Alasan tulis diberi perintah GetComponent, karena variabel tulis masih belum mengakses komponen UI dan karena script ini akan diberikan ke objek UI Text serta langsung mengakses komponen UI yang ada pada objet UI Text.

tulis.text = "ayo makan";
tulis adalah nama variabel dan text adalah fungsi untuk membuat tulisan string.


2. UITextScriptB.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;

public class UITextScriptB : MonoBehaviour {

public Text tulis;
float time;

void Update () {
time += Time.deltaTime;
tulis.text = "Hitungan Detik = " + (int)time;
}
}


Penjelasan : 
Hampir sama seperti penjelasan UITextScript.cs, hanya saja pada script UITextScript.cs script diberikan langsung ke objek UI Text dengan menggunakan perintah GetComponent untuk mengakses komponen UI.

Sedangkan pada UITextScriptB.cs script diberikan ke objek lain dalam game, maka ada perbedaan dalam mengakses komponen, yaitu ditambahkan modifier "public" pada perintah Text tulis;.

time += Time.deltaTime;
variabel time diberi nilai dari mulai nol sampai tak hingga, namun penambahannya mengikuti aturan detik pada sistem jam asli di dunia nyata.

(int)time;
karena time awalnya adalah float yaitu bilangan pecahan, dan vcg ingin menampilkan bilangan satuan berupa detik maka float diubah menjadi integer dengan menambah (int).



Jika sudah pertama tambahkan script UITextScript.cs ke objek UI Text, kemudian jalankan game, maka tulisan UI Text berubah menjadi "Ayo Makan".

Untuk mencoba script kedua, hapus terlebih dahulu komponen script UITextScript.cs pada UI text. 



Buat objek kosong dan beri nama "Penampung Script", yang berguna untuk menampung script-script bebas, apa itu script bebas ? sudah dibahas pada tutorial Proyek 1 : Game "Island Miracle" [part 2].

Tambahkan script UITextScriptB.cs ke penampung script.



Jika sudah, klik penampung script dan lihat jendela inspektor, kotak text masih kosong maka tambahkan UI Text di dalam canvas ke kotak tersebut.



Jalankan game dan liaht hasilnya, tulisan berubah dan detik akan bertambah terus-menerus.




EmoticonEmoticon