Thursday 14 May 2015

Blender Tutorial : Mengenal UV/ Image Editor [versi 1]

Advertisement

UV/Image Editor adalah jendela kerja yang khusus untuk menempel foto atau memberikan warna pada objek, uv/image editor adalah salah satu cara dari tiga cara untuk memberi warna atau texture pada objek.

Untuk lebih memahami uv/image editor, ikuti langkah berikut.



MULAI

Buka blender dan buat proyek baru.


Tahap pertama adalah membuat 2 jendela kerja, pada gambar arahkan kursor ke tempat kotak kecil warna merah, sampai kursor menyentuh 3 garis miring dan berubah menjadi +, kemudian tarik ke ke sebalah kiri untuk menambah jendela kerja.

Sembunyikan menu toolbar dengan menekan tombol "T".



Klik editor type pilih UV/Image Editor.



Pada jendela kerja kiri masuk ke edit mode, kemudian buatlah model seperti pada gambar atau sesuai selera masing-masing.



Saatnya menentukan area yang akan diwarnai, ubah mode seleksi dari M.Titik ke M.Garis kemudian seleksi daerah yang akan diwarnai dengan SHIFT + Klik kanan. Jika sudah menyeleksi garis tekan CTRL + E pilih "mark seam".

Teori tentang M.Titik, M.Garis sudah dibahas di tutorial Membuat Model Pertama di Blender




Terlihat area yang telah diseleksi berwarna merah kuning. Lakukan hal sama untuk memberi warna yang berbeda pada daerah yang berbeda.




Pada tutorial kali ini hanya membuat tiga daerah berbeda, kiri - tengah - kanan. Jika sudah selesai tekan "A" untuk menyeleksi objek secara keseluruhan. Selanjutnya tekan "U" pilih "Unwrap" untuk memindahkan daerah tadi ke area kerja UV/Image Editor.



Maka hasilnya akan seperti gambar di atas. dimana 4 kotak yang rapi di atas adalah hasil penyeleksian daerah.



Karena pada tutorial kali ini hanya beberapa daerah saja yang akan diwarnai, gunakan M.Face untuk menyeleksi daerah yang telah di ditentukan sebelumnya. 



Tahap selanjutnya adalah membuat image baru untuk menampung warna yang natinya akan diberikan kepada objek.

Pada jendela UV/Image Editor pilih new.




Atur nama image jika sudah selesai klik "ok".




Jika sudah saatnya mewarnai, pada jendela kiri ubah mode ke "Texture Mode" dan pada jendela kanan ubah dari view ke "Paint".




Untuk mengatur warna, ukuran brush, transparan gunakan menu di sebelah kiri. kemudian gambarkan di menu UV/Image Editor. Selain itu bisa juga langsung menggambarkan di objeknya.

Terlihat pada gambar di atas area sebelah kanan terkena warna biru, nah untuk mengatasinya area-area tersebut bisa diatur posisinya.




Pertama kembalikan mode ke Edit Mode dan Mode sebelah kanan ke View. arahkan kursor ke area yang akan dipindahkan pada UV/Image Editor. 

Gunakan klik kanan untuk menyeleksi titik pada area, kemudian tekan "L" untuk menyeleksi semua titik pada area tersebut, terakhir tekan "G" untuk memindahkan area, klik kiri untuk mengeksekusi.




Berikan warna sesuai selera dan selesai.




Tahap terakhir adalah menyimpan gambar. Alasan gambar ini disimpan adalah untuk digunakan lagi nantinya ketika model 3D diimpor ke Unity3D atau aplikasi lainnya.

Pilih image - save As Image. 




Cari tempat untuk mentimpan gambar ini, disarankan simpan gambar satu folder dengan model yang telah diekspor dari blender (tentang ini akan diplajari pada tutorial berikutnya).




Dan hasilnyaaaaaa tadaaaaaaa......

Baca Juga :

SELESAI


EmoticonEmoticon