Saturday 26 September 2015

Unity Tutorial Indonesia : Membuat Splash Screen

Advertisement




MULAI

Vcg akan membuat sebuah splash screen yang menampilkan logo, biasanya digunakan pada pembukaan setiap game.


Buat 2 buah folder "Animasi" dan "Texture 2D", masukkan logo yang akan digunakan ke folder Texture 2D, kemudian ubah terlebih dahulu jenis logo menjadi "Sprite 2D dan UI".




Tambahkan UI Panel dan ubah nama menjadi "Panel Splash Screen".




Tambahkan juga UI Image ke dalam objek Panel dan ubah nama menjadi "Image Background". Kemudian atur achor point tepat posisi Pojok kanan bawah, sebelum mengklik posisi anchor tekan terlebih dahulu tombol "ALT".




Tambahkan lagi UI Image ke dalam panel dan ubah nama menjadi "Logo". Atur posisi achor tepat di tengah layar dan atur juga Source Image dengan logo yang sudah disediakan.




Maka hasilnya seperti gambar di atas.




Oke saatnya membuat animasi splash screen, objek yang akan dibuat animasi adalah objek "Logo" dengan mengatur warna dari objek.

Klik terlebih dahulu objek canvas kemudian, masuk jendela Animation. Buat animasi baru "Create New Clip" dan beri nama "Splash Screen". Simpan animasi di folder "Animasi".




Kemudian klik Add Curve cari objek Logo dan tambahkan Color ke animasi.




Posisikan point animasi pada frame awal yaitu frame 0, klik objek logo dan klik warna pada jendela inspektor atur warna "A" menjadi 0.





Lewati beberapa frame, Pada point animasi nomor 2 atur kembali warna "A" menjadi 255. Pada point no 3 warna "A" tetap pada nilai 255 dan pada point no 4 atur warna "A" menjadi 0 kembali.




Setelah tahap pembuatan animasi selesai, masuk ke folder animasi dan klik animasi "Splash Screen" pada jendela inspektor hapus ceklis "loop time".

Jalankan game dan lihat yang terjadi. Untuk menghubungkan Splash Screen dan Scene lain, gunakan script dibawah, atur nilai variabel lamaWaktuSplashScreen sesuai dengan lamanya splash screen yang dibuat.




A. SplashManager.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class SplashManager : MonoBehaviour {

                private float timer;
                float lamaWaktuSplashScreen = 7f;
               
                void Update(){
                                timer += Time.deltaTime;
                               
                                if(timer > lamaWaktuSplashScreen){
                                                Application.LoadLevel("Nama Scene");
                                }
                }

}



SELESAI



EmoticonEmoticon