Tuesday 12 May 2015

Unity Tutorial : C# ~ Dasar Pemrograman pada Unity3D

Advertisement




Tutorial kali ini agar dapat memahami bagaimana bahasa pemrograman pada unity digunakan. tahap pertama adalah membuat proyek baru dengan klik file - new project. jika selesai akan muncul tampilan kosong, jendela pada unity dapat dipindahkan sesuai selera dengan cara digeser.

Jika sudah selesai mengatur jendela dan area kerja unity, saatnya membuat script sederhana.



MULAI


Tahap pertama adalah membuat folder pada asset, pembuatan folder ini boleh dilakukan boleh juga tidak, fungsinya agar data yang akan digunakan pada proyek game dapat ditata dan disimpan rapi.

Klik "Assets" kemudian klik kanan pilih Create - Folder, beri nama sesuai selera, untuk kasus kali ini folder diberi nama "Scripts" karena nanti isinya kumpulan script yang digunakan pada proyek.



Masuk ke dalam folder scripts dengan double-click pada folder. Di dalam folder ini klik kanan Create - C# Script, beri nama sesuai selera. Saran gunakan nama yang memang berhubungan dengan apa yang akan ditulis di dalam script tersebut, contoh akan dibuat script agar musuh dapat menyerang, maka disarankan nama scriptnya seperti "EnemyAttack.cs". 



Untuk menambahkan listing program, double-click pada script tadi maka akan masuk ke dalam bahasa editor Mono Develop, Mono Develop adalah editor bawaan dari unity.

Script pertama sudah dibuat, ingat hal penting dalam penulisan nama script adalah nama script harus sama dengan nama Class di dalam script. 

Sebagai contoh pada gambar di atas nama scriptnya adalah "Tes.cs", maka nama Class pada gambar dibawah juga "public class Tes".



Setelah jendela editor dibuka, akan disediakan template sederhana berupa Void Start() dan Void Update(). tulisan yang diawali tanda "//" adalah sebuah komentar, jadi boleh dihapus.


1. Tes.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Tes : MonoBehaviour {

        void Start(){
               Debug.Log("Pada Start Output Yang Dihasilkan 1x");
        }

        void Update(){
               Debug.Log("Pada Update Output Yang Dihasilkan Berkali-kali");
        }
}


Penjelasan : 
Pada C# berbeda dengan Javascript, awal pembukaan listing program diberikan perintah "Using UnityEngine" dan "Using System.Collections". ini artinya C# membutuhkan tambahan data yang ada pada UnityEngine dan System.Collection, jadi jika data dari pihak luar atau data yang diimport tersebut tidak ada atau belum syncron maka dapat dipastikan akan terjadi error.

Void Start () dan Void Update adalah metode atau main method yang dimana listing program harus diletakkan didalamnya jika ingin menjalankan script. Khusus untuk variabel bisa ditulis di dalam ataupun diluar method.
Selengkapnya tentang variabel C# : Tipe Data dan Variabel C# Unity

Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, ada perbedaan mencolok di antara keduanya. Void Start() hanya akan mengeksekusi listing program satu kali dan di awal program dijalankan. Void Start () digunakan untuk melakukan eksekusi perintah saat running dijalankan. 

Void Update() akan mengeksekusi program per frame artinya akan terus mengeksekusi listing program selama program berjalan. Void Update() digunakan untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi.


Setelah menulis listing program save script, kemudian kembali ke area kerja unity. berikan script tadi pada objek main camera dengan drag and drop. jika selesai script tadi bisa dilihat pada inspektor sudah ditambahkan pada objek main camera. langkah terakhir jalankan program klik tanda segitiga di atas tengah area kerja unity.



Arahkan kursor dan klik pada jendela Console untuk melihat hasil. Dapat dilihat listing program yang disimpan di dalam Void Start() hanya 1x dieksekusi sedangkan pada Void Update() menghasilkan output terus menerus dan akan berhenti jika program dimatikan (stop).


EmoticonEmoticon