Saturday 4 July 2015

Blender Tutorial : Mengenal UV/ Image Editor [versi 4] [part 1]

Advertisement


Sebelum memulai tutorial kali ini, diharapkan sudah mengerti UV/ Image Editor versi sebelumnya.


Tutorial kali ini adalah tutorial untuk menjawab pertanyaan :
1. Apa bisa pemberian texture UV atau warna dilakukan pada aplikasi lain ?
Jawab : "Ya" dan aplikasi yang akan digunakkan pada tutorial ini adalah Paint.Net dan PhotoScape.

2. Apa bisa pemotongan garis objek pada UV/ Image dilakukan secara otomatis ?"
Jawab : "Ya" Menggunakan "Smart UV Project".



MULAI


Disini vcg menggunakan model Cylinder untuk mempermudah pemahaman tentang tutorial. pada jendela objek mode tekan SHIFT + A - Mesh - Cylinder.



Atur ukuran silinder, jika sudah masuk ke "Edit Mode".



Pindahkan tekstur default pada objek dengan cara :
1. Seleksi dahulu dengan tombol "A" sehingga berubah menjadi garis berwarna kuning.
2. Tekan "U" untuk menampilkan perintah unwrap.
3. Pilih "Smart UV Project".



Atur "Island Margin" sesuai kebutuhan, semakin besar nilai Island Masrgin makin besar ukuran size dari UV Image dan semakin kecil bentuk texture dari model yang dipindahkan.

Untuk memahaminya sialahkan lakukan percobaan ketika Island Margin bernilai 0 dan bernilai 1.




Disini vcg memberi nilai 1 pada Island Margin sehingga texture default menjadi kecil pada jendela UV/ Image Editor.



Tahap selanjutnya adalah ekspor UV Layout agar dapat proses pada aplikasi lain.
1. Buat sebuah folder baru untuk menampung UV Layout.
2. Klik UVs - Export UV Layout, simpan Layout di folder yang sudah dibuat.



Hasilnya seperti pada gambar di atas. jenis foto adalah PNG dengan backgound transparan.



vcg menggunakan aplikasi Paint.Net untuk memberi warna solid pada Layout.




Untuk menambahkan atau menempelkan Foto dan texture yang sudah jadi vcg menggunakan Aplikasi PhotoScape.



Maka hasil akhir penambahan texture pada Layout selesai, seperti pada gambar di atas.




Tahap selanjutnya adalah menambahkan layout yang sudah diberi texture ke UV/ Image. 

Sebelumnya buat image baru dengan menekan tombol "Image" - Atur - Ok.




Untuk menambahkan Layout yang sudah dibuat tekan :  Image - Open Image - Cari Layout Yang sudah dibuat.



Maka hasilnya seperti pada gambar di atas.



Tahap terakhir arahkan mouse ke jendela objek kemudian tekan "ALT + Z" untuk menempelkan Texture ke Objek.





SELESAI


Pada part 2 akan dijelaskan bagaimana proses impor-ekspor Model3D dan Texture objek di atas dari blender ke unity.


EmoticonEmoticon