Tuesday 12 May 2015

Unity Tutorial : Bahasa Pemrograman Pada Unity3D

Advertisement




Bahasa pemrograman yang digunakan pada aplikasi Unity ada tiga, yaitu :

1. C#


C# (dibaca: C sharp) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft yang dikembangkan dibawah kepemimpinan Anders Hejlsberg yang telah menciptakan berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Borland Turbo C++ dan orland Delphi. Bahasa C# juga telah distandarisasi secara internasional oleh ECMA. Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services.

C# merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan.



2. Javascript



Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program.

Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser Internet Explorer 3.

Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.

Script  adalah  suatu  bahasa  yang  digunakan  untuk melakukan  perintah  pada  object  tertentu,  atau  dengan  kata  lain bahasa pemprogamannya Unity 3D. Perlu diketahui bahwa bahasa pemprogama dari Unity 3D adalah case sensitive.

Bahasa java script disini  memang  bukanlah  seperti  bahasa  java  script yang  ada  untuk membuat  website  atau  seperti  bahasa  java  yang  lainnya,  dimana bahasa Java Script disini berbeda dengan bahasa java pada umumnya seperti  pernggunaan  bahasa  Java  SE,  java  ME  dsb.  Maka  dari  itu perlunya mengetahui bahasa java script namun tidak seperti bahasa java  script  pada  umumnya,  namun  struktur  dari  perintahnya  ada kemiripan dengan bahasa java script pada umumnya.

3. BOO


Boo mulai dikembangkan dan digunakan secara aktif sejak tahun 2003. Boo adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi / BSD-style MIT. Boo kompatibel dengan NET Microsoft dan  Mono frameworks.


EmoticonEmoticon