Untuk memulai tutorial ini diharapkan sudah memahami tutorial UI Unity : Komponen UI Panel
UI Slider adalah komponen grafis berbentuk batang kecil memanjang yang menyediakan rentang nilai tertentu untuk dapat dipilih.
MULAI
Pertama buat UI panel kemudian tambahkan UI Slider.
Lihat jendela hirarki, pada UI Slider terdapat "background" dan "Handle Slide Area", hapus kedua objek tersebut, alasannya memang vcg jarang menggunakan kedua objek tersebut, tapi jika ingin menggunkan juga bisa.
Maka hasilnya seperti gambar di atas, objek yang akan sering diedit adalah "Slider" dan "Fill".
Klik Fill lihat pada inspektor.
pada menu "Image (Script)" ubah Source Image dengan foto yang sudah disediakan untuk mengganti bentuk Slider. Vcg menggunakan foto baris-baris kotak yang sudah vcg buat sebelumnya dalam bentuk PNG.
Kemudian Ubah Image Type menjadi "Filled".
Kemudian ubah Fill Method, ada beberapa jenis fill method :
- Horizontal, slider diproses secara horizontal atau garis mendatar vektor X
- Vertical , slider diproses secara vertikal atau garis lurus ke atas vektor Y
- Radial, slider diproses secara berputar.
Vcg memilih "Horizontal".
Kemudian atur dari arah mana slider dapat berkurang nilainya atau posisi awal slider.
Kemudian klik Slider di hirarki, lihat jendel inspektor.
Pada menu Slider (Script), ubah Max Value dari slider, vcg memberi nilai 10 dan pada Min Value tetap 0. Untuk melihat hasilnya pada Value geser atau gerakan dan lihat hasilnya pada jendela game.
NB : Jika nantinya slider ini dipakai untuk nilai darah pemain atau musuh, nilai yang diberikan pada Max Value harus sama dengan nilai yang diberikan pada jumlah darah pemain atau musuh.
Slider yang sudah dibuat vcg adalah seperti gambar di atas.
Tahap selanjutnya adalah mengatur atau mengedit komponen UI Slider pada listing program UI Unity : Komponen UI Slider [part 2]
EmoticonEmoticon