Tuesday 12 May 2015

Unity Tutorial : Menu - Menu Penting pada Unity3D

Advertisement

Setelah memahami area kerja pada unity, langkah selanjutnya adalah memahami menu-menu penting pada aplikasi unity.


1. Menu File




Menu file terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :
  1. New Scene digunakan untuk membuat scene baru
  2. Open Scene digunakan untuk membuka scene pada unity3D
  3. Save Scene untuk menyimpan scene.
  4. Save Scene as untuk menyimpan scene unity dengan nama baru.
  5. New Project untuk membuat proyek baru.
  6. Open Project untuk membuka proyek.
  7. Save Project untuk menyimpan proyek.
  8. Build Settings untuk menggabungkan scene yang ada.
  9. Build & Run untuk menggabungkan scene dan compile.
  10. Exit untuk keluar dari program


2. Menu Edit


 

Menu edit terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :
  1. Undo untuk kembali ke keadaan sebelumnya.
  2. Redo untuk kembali ke keadaan setelahnya.
  3. Cut untuk memotong objek.
  4. Copy untuk mengcopy objek.
  5. Paste untuk mempaste objek.
  6. Duplicate untuk melakukan duplikat objek.
  7. Delete untuk menghilangkan objek.
  8. Frame Selected untuk memilih frame.
  9. Find untuk menemukan objek.
  10. Select All untuk memilih semua objek.
  11. Preferences untuk mensetting layar.
  12. Play untuk menjalankan objek.
  13. Stop untuk menghentikan permainan  .
  14. Project Setting untuk Melakukan identifikasi Tags.
  15. Render Settings untuk mensetting Render.


3. Menu Asset


 
Menu aset terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :
  1. Create untuk membuat objek baru.
  2. Import New Assets untuk melakukan impor aset.
  3. Import Package untuk mengimpor paket.
  4. Export Package untuk mengekspor paket


4. Menu GameObject



Menu Gameobject terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :
  1. Create Empty membuat objek kosong.
  2. Create Empty Child membuat objek kosong sebagai sub-object.
  3. 3D Object untuk membuat berbagai macam objek tiga dimensi.
  4. 2D Object untuk membuat berbagai macam objek dua dimensi.
  5. Lightuntuk memberikan pencahayaan pada game.
  6. Audio digunakan untuk memberikan suara pada objek game.
  7. UI atau user interface digunakan untuk membuat tampilan interface pada game.
  8. Particle System untuk membuat objek-objek partikel.
  9. Camera digunakan untuk menambahkan kamera baru pada game.



EmoticonEmoticon