Tuesday 12 May 2015

Blender Tutorial : Area Kerja Pada Blender

Advertisement

1. Tampilan Blender


  • Header : Menu utama pada Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
  • Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
  • Toolbar : Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
  • Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
  • Properties : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi   dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
  • Timeline :Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

2. Toolbar


Toolbar memiliki beberapa tool yang sering digunakan dalam membuat model tiga dimensi, tool tersebut antara lain:
  1. Translate digunakan untuk memindahkan objek.
  2. Rotate digunakan untuk memutar objek
  3. Scale digunakan untuk merubah ukuran atau size objek
  4. Duplicate Object digunakan untuk membuat duplikasi objek
  5. Delete digunakan untuk menghapus objek
  6. Join digunakan untuk menggabungkan beberapa objek.


3. Properties


Beberapa tool pada menu propertis yang sering digunakan dalam membuat model tiga dimensi adalah :
  1. Transform adalah menu yang digunakan untuk mengatur posisi, ukuran dan putaran pada objek.
  2. Grease Pencil digunakan untuk menggambar pada viewport.
  3. View adalah pengaturan view pada Blender.
  4. 3D Cursor digunakan untuk mengatur letak atau posisi kursor.
  5. Item memberikan informasi tentang objek yang diseleksi.
  6. Display digunakan untuk mengatur viewport pada Blender.
  7. Background Images digunakan untuk menambahkan foto pada viewport.


4. Editor Type


Editor Type digunakan untuk memilih tampilan atau lembar kerja pada Blender.
  1. Python Console : Display python scripting.
  2. File Browse : Membuka dan menyimpan data.
  3. Info : Berisi header utama.
  4. User Preferences : Mengatur setting aplikasi Blender
  5. Outliner : Melihat list data pada Blender.
  6. Properties : Properti utama pada setiap objek dan data.
  7. Logic Editor : Game dan simulasi.
  8. Node Editor : Mengatur tekstur, imaging dan material.
  9. Video Sequence Editor : Mengatur video dan suara.
  10. UV/Image Editor : UV edit dan pewarnaan pada objek.
  11. NLA Editor : Membuat animasi baru.
  12. DopeSheet : Mengatur keyframe pada animasi.
  13. Graph Editor : Mengatur kurva dan driver animasi.
  14. Timeline : Mengatur proses animasi pada objek.
  15. 3D View : Tempat utama untuk objek tiga dimensi.



EmoticonEmoticon