1. Tampilan Blender
- Header : Menu utama pada Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
- Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
- Toolbar : Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
- Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
- Properties : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
- Timeline :Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.
2. Toolbar
Toolbar memiliki beberapa tool yang sering digunakan dalam membuat model tiga dimensi, tool tersebut antara lain:
- Translate digunakan untuk memindahkan objek.
- Rotate digunakan untuk memutar objek
- Scale digunakan untuk merubah ukuran atau size objek
- Duplicate Object digunakan untuk membuat duplikasi objek
- Delete digunakan untuk menghapus objek
- Join digunakan untuk menggabungkan beberapa objek.
3. Properties
Beberapa tool pada menu propertis yang sering digunakan dalam membuat model tiga dimensi adalah :
- Transform adalah menu yang digunakan untuk mengatur posisi, ukuran dan putaran pada objek.
- Grease Pencil digunakan untuk menggambar pada viewport.
- View adalah pengaturan view pada Blender.
- 3D Cursor digunakan untuk mengatur letak atau posisi kursor.
- Item memberikan informasi tentang objek yang diseleksi.
- Display digunakan untuk mengatur viewport pada Blender.
- Background Images digunakan untuk menambahkan foto pada viewport.
4. Editor Type
Editor Type digunakan untuk memilih tampilan atau lembar kerja pada Blender.
- Python Console : Display python scripting.
- File Browse : Membuka dan menyimpan data.
- Info : Berisi header utama.
- User Preferences : Mengatur setting aplikasi Blender
- Outliner : Melihat list data pada Blender.
- Properties : Properti utama pada setiap objek dan data.
- Logic Editor : Game dan simulasi.
- Node Editor : Mengatur tekstur, imaging dan material.
- Video Sequence Editor : Mengatur video dan suara.
- UV/Image Editor : UV edit dan pewarnaan pada objek.
- NLA Editor : Membuat animasi baru.
- DopeSheet : Mengatur keyframe pada animasi.
- Graph Editor : Mengatur kurva dan driver animasi.
- Timeline : Mengatur proses animasi pada objek.
- 3D View : Tempat utama untuk objek tiga dimensi.
EmoticonEmoticon