Sebelum memulai membuat suatu game, terlebih dahulu harus mengenal lingkungan kerja pada Unity3D beserta istilah-istilah yang terdapat pada Unity3D. Hal ini nantinya akan sangat membantu dalam bekerja di dalam Unity3D.
Lingkungan kerja pada Unity3D terbagi ke dalam sepuluh bagian, yaitu :
- Hirarki merupakan tempat dimana game object pada scene yang sedang aktif. Ketika berpindah scene, maka komponen dalam hirarki akan berubah mengikuti scene yang sedang aktif.
- Scene adalah tempat ditampilkannya seluruh aset yang terdapat dalam jendela ProjectView.
- Animator adalah jendela untuk mengatur hubungan beberapa animasi pada objek.
- Inspektor adalah propertisnya suatu objek pada game dalam Unity.
- Lightmapping adalah jendela kerja yang digunakan untuk mengatur pencahayaan pada game.
- Navigasi adalah jendela kerja yang khusus digunaan untuk pengaturan area pada game.
- Jendela projek adalah tempat semua aset ditampilkan.
- Console jendela yang menyediakan tampilan keluaran atau error.
- Animation digunakan untuk membuat animasi baru pada objek game.
- Jendela game adalah tempat ditampilkannya aplikasi yang dibuat pada scene view. Ketika jendela game diaktifkan, maka game yang anda buat dapat dijalankan pada jendela game.
EmoticonEmoticon