Tuesday 12 May 2015

Unity Tutorial : Area Kerja Pada Unity3D

Advertisement

Sebelum memulai membuat suatu game, terlebih dahulu harus mengenal lingkungan kerja pada Unity3D beserta istilah-istilah yang terdapat pada Unity3D. Hal ini nantinya akan sangat membantu dalam bekerja di dalam Unity3D.



Lingkungan kerja pada Unity3D terbagi ke dalam sepuluh bagian, yaitu :

  1. Hirarki merupakan tempat dimana game object pada scene yang sedang aktif. Ketika berpindah scene, maka komponen dalam hirarki akan berubah mengikuti scene yang sedang aktif.
  2. Scene adalah tempat ditampilkannya seluruh aset yang terdapat dalam jendela ProjectView.
  3. Animator adalah jendela untuk mengatur hubungan beberapa animasi pada objek.
  4. Inspektor adalah propertisnya suatu objek pada game dalam Unity.
  5. Lightmapping adalah jendela kerja yang digunakan untuk mengatur pencahayaan pada game.
  6. Navigasi adalah jendela kerja yang khusus digunaan untuk pengaturan area pada game.
  7. Jendela projek adalah tempat semua aset ditampilkan.
  8. Console jendela yang menyediakan tampilan keluaran atau error.
  9. Animation digunakan untuk membuat animasi baru pada objek game.
  10. Jendela game adalah tempat ditampilkannya aplikasi yang dibuat pada scene view. Ketika jendela game diaktifkan, maka game yang anda buat dapat dijalankan pada jendela game. 



EmoticonEmoticon