Friday 22 May 2015

Unity Tutorial : Impor Model 3D + Texture dari Blender ke Unity3D

Advertisement



Salah satu hal terpenting dalam membuat game adalah adanya objek game, dimana objek game ini akan menambah unik dan menariknya sebuah game.

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengimpor model 3d yang dibuat di blender dan dimasukan ke dalam proyek unity.



MULAI

Buatlah sebuah model 3D bebas sekreatif mungkin beserta texturenya yang dibuat pada jendela uv/ image editor.

Tutorial membuat model : Membuat Model Pertama di Blender
Tutorial menambah texture : Mengenal UV/ Image Editor [versi 1]





Kemudian buat sebuah folder baru, vcg membuat folder baru di D: dengan nama Virusbolt, nantinya folder ini untuk menyimpan objek3D beserta texturenya.

Pilih File Export - jenis extensi.

Ada dua jenis ekstensi yang biasa digunakan agar dapat dibaca oleh unity, yaitu FBX dan OBJ, vcg sendiri lebih suka menggunakan fbx.

perbedaan fbx dan obj
Perbedaan yang paling mencolok adalah fbx bisa membawa animasi dari blender sedangkan obj tidak.



Jika objeknya sudah di ekspor selanjutnya adalah texturenya, pertama ubah dahulu ekstensi texture jadi PNG, pilih image - pack as png. 

Tahap kedua adalah pilih image - save as image. cari folder virusbolt yang tadi, simpan texture dan objek 3D dalam folder yang sama.



Maka hasilnya akan seperti gambar di atas. pada tahap ini ekspor model selesai.




Tahap selanjutnya impor model ke unity, buatlah proyek baru. Tempat penyimpanan proyek unity secara default adalah di Libraries - Documents - Proyek.

Alasan kenapa harus tau letak proyek adalah nantinya objek3D akan di masukan ke proyek unity secara manual.



Buat dua buah folder yaitu folder "Model3D" dan "Scenes", kemudia simpan data scene ke folder scene. Penyimpanan scene sudah dipelajari di tutorial Simple Terrain Unity3D [part 1] 



Kemudia cut atau copy folder virusbolt ke dalam folder Model3D, letak default asset - model3d yaitu di :

Libraries - Documents - Nama Proyek - Assets - Model3D.




Maka hasilnya akan seperti gambar di atas. Ketika masuk ke folder virusbolt, di dalamnya ada folder baru yang secara otomatis dibuat untuk menyimpan material "Materials".




Masuk ke folder Materials, akan ada dua material yang digunakan dalam objek ini, defaultnya hanya ada 1 material.

Alasan kenapa ada dua material karena vcg membuat 2 objek, yaitu virusbolt dan mata virusbolt yang berwarna merah.

Tekan material yang ditujukan untuk virusbolt, kemudian lihat pada inspektor, pada (None Texture) klik "select" kemudian cari dan pilih texture bawaan virusbolt.



Tahapan terakhir adalah mengatur ukuran objek, pertama klik pada objek virusbolt, pada inspektor - Scale Factor bawaan blender adalah 0.01. Ubah scale factor menjadi 1 atau sesuai selera.

kenapa tidak merubah scale scara langsung di jendela game ? 
bisa saja merubah scara secara langsung di jendela game hanya saja jika model3D nya memiliki animasi, akan berdampak buruk untuk animasi yang telah dibuat, maka perubahan scale digunakan di Scale Factor.




Sekarang masukkan objek tersebut ke jendela game atau hirarki.

SELESAI


EmoticonEmoticon