Thursday 17 September 2015

Unity Tutorial Indonesia : Import Model 3D + Animasi dari Blender ke Unity [remake 3/4]

Advertisement


Tutorial lanjutan dari tutorial Unity Tutorial Indonesia : Import Model 3D + Animasi dari Blender ke Unity [remake 2/4] .




MULAI

Part 3 akan menjelaskan bagaimana animasi diatur dan dihubungkan antar animasi menggunakan Animator Controller .




Langkah awal adalah atur ukuran objek, ubah Scale factor dari 0.01 menjadi 1 atau sesuai selera. Alasan tidak mengubah scale scara langsung dari unity karena akan berdampak buruk pada animasi objek, jadi digunakan scale factor.




Kemudian masukan objek ke jendela game atau hirarki.




Saatnya mengatur hubungan setiap animasi pada objek, klik objek yang ada di Folder "Model - Model - Animasi". Lihat inspektor - Animation.




Pada bagian clip akan ada 2 paket animasi, gunakan paket "Default Take" dan hapus paket "Action" dengan mengklik tombol "-".




Tahap selanjutnya adalah memisahkan animasi yang ada pada paket "Defaul Take".

Klik Default Take dan ubah nama menjadi "Jalan", tahap ini adalah tahap memisahkan animasi pertama yaitu "Animasi Jalan". 

Atur frame yang digunakan hanya untuk animasi "Jalan".

Atur Loop Time, jika diceklis artinya animasi akan terus berputar sampai ada event yang memberikan perintah agar animasi berhenti.





Setelah animasi jalan dipisahkan, selanjutnya memisahkan animasi "Lari", klik tombol "+" maka akan muncul kembali paket "Default Take", gunakan cara yang sama seperti animasi "Jalan" untuk membuat animasi "lari".

Jika sudah klik "Apply".





Lihat pada model 3D terdapat 2 animasi yang sudah dipisah.




Buat Animator Controller, klik kanan - Create - Animator Controller.
Animator Controller digunakan untuk mengatur keterhubungan tiap-tiap animasi.




Ubah nama AC menjadi "Satu AC" dan buka jendela Animator.




Klik terlebih dahulu "Satu AC" untuk membuka jendela kerja Animator.

1. Masukkan 2 animasi yang sudah dibuat ke jendela Animator.
2. Buat animasi kosong pada jendela animator dengan cara Klik kanan - Create State - Empty - Ubah nama menjadi "Animasi Awal".

Alasan pembuatan animasi kosong ini agar Animasi "Jalan" dan "Lari" tidak dimainkan secara otomatis ketika game dijalankan.




Klik kanan pada "Animasi Awal" pilih "Set As Default", ini artinya animasi yang akan dijalankan pertama kali ketika game di Play adalah animasi kosong ini.




Tahap selanjutnya adalah buat keterhubungan setiap animasi.
Klik kanan "Any State" - Make Transition - arahkan garis panah ke animasi "Jalan" dan "Lari".




Jika sudah, buat 2 buah parameter berjenis "Trigger" dan beri nama sesuai selera.

Ada 4 jenis parameter, alasan penggunaan Trigger adalah nantinya animasi akan dijalankan setelah suatu event terjadi sebelumnya. Event bisa berupa penekan pada tombol keyboard/ mouse.




Tahapan terakhir pada tutorial ini adalah menambahkan parameter tadi ke animasi dengan cara :
1. klik panah yang menghubungkan ke animasi
2. pilih parameter sesuai dengan kondisi pada animasi.

Sebagai contoh panah yang menghubungkan ke animasi "jalan" diberi parameter "Animasi Jalan". Jika sudah tambahkan juga pada animasi lain.




Part 4 akan menjelaskan bagaimana animasi yang sudah dibuat dapat dijalankan menggunakan listing program.


EmoticonEmoticon