Sunday 7 June 2015

Unity Tutorial : UI Unity ~ Komponen UI Slider [part 2]

Advertisement

Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial UI Unity : Komponen UI Slider [part 1]
Pada part 1 sudah dilakukan pengaturan terhadap UI Slider, pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana UI Slider dapat diatur dan diakses melalui listing program.

1. SliderLoading.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;

public class SliderLoading : MonoBehaviour {

public Slider sliderLoading;
float time = 0;

void Update(){
time += Time.deltaTime;
sliderLoading.value = time;

Diulang();
}

void Diulang(){
if(time >= 10){
time = 0;
}
}
}




Buat C# Script baru dan masukkan listing program di atas.

Penjelasan Listing Program
Pada awal penulisan ada tambahan library yang ditulis yaitu "using UnityEngine.UI", alasannya karena pada listing program ini kita akan menggunakan komponen UI, yaitu UI Slider.

public Slider sliderLoading;
Disini dibuat variabel bernama sliderLoading nantinya akan menampung komponen UI Slider. Alasan dibuat public adalah karena nanti UI slider akan ditambakan langsung di jendela Unity.

float time = 0;
Membuat sebuah variabel bernama time dan diberi nilai 0;

time += Time.deltaTime;
variabel time diberi nilai tambahan dari Time.deltaTime, Time.deltaTime adalah sebuah nilai pecahan dari 0 dan akan terus bertambah sesuai dengan aturan detik.

Lebih sederhana Time.deltaTime adalah nilai yang sama dengan proses penambahan detik di dunia nyata.

sliderLoading.value = time;
Artinya nilai yang ada pada UI Slider sama dengan nilai time yang akan trus bertambah.

Sampai pada script ini, UI Slider sudah diakses dan dapat dijalankan, jalankan game dan lihat yang terjadi. Slider akan bertambah.

Diulang();
Ini adalah cara memanggil method yang telah dibuat. semua method yang dapat dijalankan dengan menuliskan nama methodnya di void Updtae();

void Diulang(){};
Adalah proses pembuatan method baru, pembuatan method baru harus ditulis di luar method lain.



Jika sudah buat sebuah objek kosong dengan klik pada menu GameObject - Create Empty, ubah namanya menjadi "Loading Manager". Objek ini hanya bertugas sebagai tempat untuk menyimpan script. Kemudian tambahkan script tadi.



Jika sudah klik "Loading Manager" lihat jendela inspektor disana terlihat script yang seblumnya sudah ditambahkan, pada script tersebut ada kolom "Slider Loading" yang kosong, tambahkan slider ke kolom tersebut.



Jalankan game kemudian lihat yang terjadi, slider bertambah terus menerus, ketika slider penuh , slider kembali menjadi nol dan mulai bertambah kembali.


EmoticonEmoticon