Friday 5 June 2015

Unity Tutorial : Menambah Animasi pada Objek Game di Unity [part 2]

Advertisement


Tutorial ini adalah lanjutan tutorial Menambah Animasi pada Game Objek di Unity [part 1]





MULAI


Sebelumnya sudah dibuat 2 animasi yaitu animasi "Diam" dan "Jalan". Pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana mengatur hubungan antar animasi pada sebuah objek.




Masuk ke dalam jendela Animator, liahat pada gambar di atas secara otomatis Animasi Diam dan Jalan sudah dimasukan ke dalam animator.

NB : Untuk Any State akan dibahas di Animator : Menjalankan Animasi Dari Blender Di Unity



Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengatur Animasi Default pada objek, klik animasi "Diam" klik kanan pilih "Set As Default", maksud dari animasi Default adalah animasi yang akan dijalankan terlebih dahulu oleh sistem ketika game di-play.

Untuk melihat hasilnya coba jalankan game, maka objek FPC seperti sedang bernapas, bergerak ke atas dan ke bawah secara lambat.



Kemudian buat hubungan antara animasi Diam dan Jalan. Apakah ada hubungan antara kedua animasi ini ? jawabannya "YA". Maka perlu dibuat hubungan, jika tidak ada hubungan cari apakah ada hubungan dengan animasi laiinya.

Hubungan yang terjadi antara Diam dan Jalan adalah, objek bisa berjalan setelah diam dan objek bisa diam setelah berjalan.

Pertama klik kanan pada animasi Diam pilih Make a Transition, kemudian arahkan ke animasi Jalan, klik kiri untuk mengeksekusi, buat hubungan balik dari Jalan ke Diam.



Maka hasil hubungannya adalah seperti pada gambar di atas.



Setelah membuat hubungan, berikan parameter untuk hubungan-hubungan tersebut. Ada 4 jenis parameter, pada tutorial ini hanya akan dipakai satu yaitu parameter "Bool".

Parameter Bool digunakan ketika ada dua kondisi yang saling berhubungan dan menghasilkan jawaban ya atau tidak.

Contoh di atas :
Apakah dari animasi diam ke animasi jalan itu disebut proses berjalan ? Ya
Apakah dari animasi jalan ke animasi diam itu disebut proses berjalan ? Tidak



Maka keterhubungan dengan parameter bool dapat diatur pada jendela inspektor.
1. Buat paramenter "Bool" dengan nama "Berjalan".
2. Klik hubungan dari Diam ke Jalan.
3. Lihat pada jendel inspektor, ubah Conditions jadi nama parameter Bool yaitu "Berjalan"
4. Karena Berjalan adalah parameter Bool maka akan ada pilihan true atau false
5. Untuk hubungan ini berikan "true" karena dari diam ke jalan itu adalah proses berjalan.



Terakhir lakukan hal yang sama untuk hubungan dari animasi Jalan ke Animasi Diam, dan berikan nilai "false".

Tahap selanjutnya adalah menjalakan animasi menggunakan C# Script di tutorial 



SELESAI




EmoticonEmoticon