Thursday 14 May 2015

Blender Tutorial : Basic Rigging pada Blender [versi 1]

Advertisement

Secara sederhana Rigging adalah proses pemberian tulang pada objek agar objek dapat digerakan sesuai persendian tulang yang telah disusun, yaaa intinya seperti itu. Halnya manusia memiliki tulang selain agar dapat tegak berdiri juga agar dapat bergerak sesuai sendi-sendi tulang.

Untuk memahami tutorial kali ini kita langsung praktekan pada aplikasi blender.


MULAI

Oke tahap pertama coba buat sebuah model, berkreasi sekreatif mungkin.
Tutorial membuat model 3D : Membuat Model Pertama di Blender



Namun VCG hanya membuat model senderhana seperti di atas agar lebih mudah untuk memahami tutorial.




Jika sudah berikan efek "Subdivision Surface"




Karena ketika membuat model ada di "edit mode" sekarang kembalikan ke objek mode (1) . Jika sudah atur view pada efek subdivision surface jadi 2 atau boleh bebas, jika sudah klik "apply"(2) . Terakhir berikan efek "Smooth" agar datar model lebih lembut (3).




Setelah tahap pemodelan selesai selanjutnya memberikan tulang atau "single bone". dari single bone ini nanti akan diduplikat jadi banyak sesuai objek yang dibentuk.

jika sudah dalam objek mode, tekan SHIFT+A pilih armature - single bone.




Atur single bone pas di tengah objek atau boleh dimana saja sesuai selera asal tulang tersebut berada di dalam objek.

Agar tulang terlihat di dalam objek ada dua cara, yang pertama dengan tekan "Z", untuk kembali tekan "Z" lagi. Dan yang kedua ceklis pada X-Ray, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah.




Tahap selanjutnya adalah menambah atau mengatur posisi, ukuran dan jumlah tulang. Gunakan shortcut yang sama seperti ketika membuat sebuah model.

Pertama klik kanan si tulang, masuk ke Jendela Edit Mode, klik kanan pada kepala tulang, kemudian :
  1. "E" untuk menambah tulang dari kepala tulang yang ada.
  2. "G" untuk mengatur posisi tulang.
  3. "S" untuk mengatur ukuran tulang
  4. "X,Y,Z" digunakan sebagai arah vektor, cara menggunakannya sama, pertama tekan E atau G kemudian tekan X/Y/Z untuk menentukan arah.



Jika sudah menambah tulang sesuai objek, masuk ke jendela Objek Mode, karena proses editing tulang telah selesai.




Ini adalah tahap yang penting dalam proses rigging, yaitu menggabungkan objek tulang dengan objek 3D, karena tulang dan model adalah objek yang berbeda dan terpisah.
  1. pertama klik kanan pada objek 3D
  2. kedua tekan SHIFT + klik kanan pada tulang
  3. Pastikan objek 3D terlebih dahulu yang ditekan kemudian si tulang.
Jika sudah tekan CTRL + P pilih "With Automatic Weights". Pada tahap ini proses penggabungan selesai.




Tahap selanjutnya adalah mengerakan objek lewat tulang. klik kanan si tulang sendiri kemudian masuk ke jendela "Pose Mode".

Pose mode hanya digunakan untuk si tulang saja, digunakan untuk menggerakan tulang dan membuat animasi.


Tahap terakhir jika sudah dalam Pose Mode, klik kanan salah satu tulang sampai warna pinggiran tulang jadi biru muda, kemudian gunakan E, R atau G untuk menggerakan objek melalui tulang tadi.


SELESAI


EmoticonEmoticon