Thursday 4 June 2015

Unity Tutorial : UI Unity ~ Menambahkan Event dan Script pada Komponen UI

Advertisement



Pemberian event maksudnya ketika komponen ui ditekan maka apa yang akan dilakukan oleh tombol tersebut, pemberian skrip program digunakan agar komponen menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang kita tentukan.

Pemberian skrip pada UI sedikit berbeda caranya dengan objek-objek lain, tutorial ini akan menjelaskan tahapan dalam memberikan event dan skrip kepada komponen UI.



MULAI

Buat 2 buah folder :
Folder Scenes untuk menyimpan kumpulan scene.
Folder Scripts untuk menyimpan kumpulan skrip.

Cara membuat folder dan menyimpan scene : Simple Terrain Unity [part 1]




Tambahkan komponen UI Button ke dalam scene.
GameObject - UI - Button.



Maka hasilnya akan seperti ini, agar mempermudah pengeditan UI System, tekan tombol 2D pada jendela scene.



Sekarang atur posisi button, pertama pada jendela Inspektor arahkan kursor ke menu Rect Transform, kemudian atur posisi anchor point sesuai dengan posisi UI button.

NB : Posisi Anchor point harus sama dengan posisi Komponen UI pada jendela scene.

Alasan kenapa anchor point perlu diatur : UI Unity : Anchor Point



Vcg menggunakan posisi tengah pada anchor point, maka posisi button pun di geser agar berada di tengah scene. Untuk merubah text klik text yang ada di dalam button.



Masuk ke folder Scripts kemudian klik kanan - Create - C# Script, buat sebuah skrip baru untuk memberi event kepada button.


1. UIButton.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class UIButton : MonoBehaviour {

public void PrintSaya(){
Debug.Log("Nama Saya Adalah Vers Ciel Game");
  }

}



Penjelasan : 
1. Buatlah sebuah method baru, vcg membuat method PrintSaya()
2. Berikan akses public pada method tadi, alasannya karena nanti method ini akan diakses oleh class lain. maka penulisannya adalah public void PrintSaya()
3. Debug.Log digunakan untuk mencetak output, pada kali ini yang dicetak adalah text.

Penjelasan sederhana tentang C# di Unity : C# : Dasar Pemrograman pada Unity3D
Cara penulisan method dan variabel yang baik : Variabel C# Unity3D



Tambahkan script tadi ke EventSystem, EventSystem memang punya tugas sebagai tempat untuk menampung event dan script, tapi kalo mau bisa di objek lain juga.



Jika sudah diberikan ke EventSystem, klik komponen button kemudian lihat pada inspektor. Cari menu Button (Scripts) - On Click ().

Nah disinilah cara untuk memberikan event dan script pada komponen UI.
1. Pada On Click, klik simbol + untuk menambah script.
2. Sebelumnya script diberikan ke objek EventSystem, nah cari EventSystem pada bagian dibawah tulisan "runtime".



Masih pada On Click, setelah EventSystem ditemukan, 
1. klik tombol "No Function".
2. Cari nama script yang diberikan ke EventSystem
3. Cari nama Method yang telah dibuat pada script, nama method pada script sebelumnya adalah "PrintSaya()".




Maka tahap pemberian event dan script pada komponen UI selesai, play game kemudian coba klik tombol UI, lihat hasilnya pada jendela console.


SELESAI


EmoticonEmoticon