Sunday 24 May 2015

Blender Tutorial : Basic Rigging Pada Blender [Versi 2]

Advertisement



Sebelumnya sudah dipelajari Basic Rigging pada Blender [versi 1] . Untuk lebih memahami konsep rigging ikuti tutorial berikut.



MULAI

Buatlah sebuah model tiga dimensi yang memiliki bentuk sisi yang sama.



Tambahkan tulang pada sisi sebelahnya saja. Pada gambar di atas vcg memberi satu tulang yang besar, nah tujuannya adalah mempermudah proses rigging jika pada garis lurus.

Kemudian klik kanan tulang tadi untuk diseleksi, tekan w pulih subdivide, subdivide berguna agar tulang yang awalnya satu menjadi dibagi-bagi jadi ukuran kecil.



Kemudian pada menu sebelah kiri atur "number of cuts" semakin besar nilainya semakin banyak pemotongan tulangnnya.



Maka hasilnya akan seperti gambar di atas. tahap selanjutnya adalah memberi rigging yang sama pada sisi sebelah kiri.



Cara paling mudah memberi rigging pada tempat yang sama adalah duplikat tulang-tulang tersebut. Seleksi pada tulang yang akan diduplikat dengan shift + klik kanan.



1. tekan SHIFT + D untuk menduplikasi, kemudian coba gerakan mouse maka akan terlihat tulang hasil duplikasi, klik kanan untuk melepas tulang tadi ke posisi awal.

2. Pada pivot center pilih 3D cursor, tujuannya agar titik pusat menjadi ditengah dan tulang baru dapat di putar pada posisi yang pas.



Masih pada tulang yang baru, untuk memutarnya gunakan cara :
1. Klik Armature - Flip Names , berguna untuk memberi nama pada tulang baru, namun nama yang diberikan disesuaikan dengan nama tulang sebelumnya hanya diberi tanda "right" atau "left"

2. Terakhir klik armature - mirror - arah yang akan diputar, ada 3 arah yaitu X, Y dan Z. pilih salah satu sesuai dengan refleksi dari tulang sebelumnya.



Maka hasilnya akan seperti pada gambar, jika tulang masih belum sesuai posisinya dengan objek, tinggal digeser ke posisi yang pas.




EmoticonEmoticon