Sunday 26 May 2013

Membuat Efek Pensil dengan Photoshop

Advertisement

Halow agan semua, , apa kabar . . .

Lama gak update tutorial, kali ini saya kembali menulis tutorial Photoshop. Tutorialnya sendiri agak singkat, sekitar sebelas langkah-an karena memang efeknya sederhana. Hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:



Disini, saya membahas beberapa tool dasar seperti blending mode dan juga filter untuk mendapatkan efek garis pada model yang diinginkan. untuk lebih jelasnya, sliahkan menuju ke T . . K . . .P . . .


1. Buka photoshop lalu import sebuah gambar. Gambarnya bebas gan, bisa apa saja . disini, saya pakai pas photo yang ada dikomputer kantor. gak tahu poto siapa, pake aja lah . . . hehe


2. Atur supaya gambar menjadi hitam putih. caranya, ke menu Image > Adjustment > Desaturate. supaya lebih cepat, gunakan shortcut Ctrl+Shift+U.




3. Dan . . . sekarang poto pun menjadi hitam putih seperti gambar dibawah.



4. Pada panel Layer, klik kanan layer lalu pilih Duplicate layer. kalau ada jendela yang muncul, cukup tekan OK!


5. Nah , pada layer yang baru (Layer yang paling atas), ubah Blending Mode dari Normal menjadi Divide, maka gambar akan menjadi putih. istilah keren nya mah ngagebleg . . .


6. Masih dalam keadaan Layer paling atas terseleksi, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur.


7. Pada jendela pengaturan Gaussian Blur, pastikan ceklis Preview aktif lalu geser Slider Radius sampai garis pada model terlihat seperti gambar dibawah. Disini, saya menggesernya sampai radius 10. Setelah selesai, tekan tombol OK untuk menutup jendela.


8. Tekan Ctrl+Shift+Alt+E untuk menggabungkan (merge) semua layer pada layer baru. sehingga, pada panel layer akan ada 3 layer seperti gambar dibawah.


9. Ok, sekarang kita akan mengatur garis supaya tampak lebih kasar. untuk itu, pada menu Filter > Artistic > Poster Edges.


10. Atur Edge Thicknes = 0 , Edge Intensity = 2 dan Posterization = 0. silahkan bereksperimen dengan nilai ini untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan . . .


11. Ubah blending mode menjadi Linear Burn, sehingga garis menjadi lebih tebal dan jelas.


12. Dan . . . hasil yang saya dapatkan seperti ini.


Untuk hasil yang lebih keren, agan bisa menambahkan warna. misalnya warna bibir, pakaian ataupun kulit. caranya, cukup sapukan brush dengan warna yang diinginkan lalu ubah blending mode agar tampak menyatu.

Ok, sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar atau klik iklannya . . . :-)
Wassalam . . .


EmoticonEmoticon