Wednesday 8 May 2013

Dasar Simulasi Kain 3DS Max

Advertisement

Halow semuanya , , mengawali di awal bulan Mei ini, kali ini saya menuliskan tutorial 3DS Max tentang dasar-dasar dan pengenalan Cloth Simulation atau simulasi kain menggunakan Modifier Cloth.

Modifier Cloth ini sangat multifungsi, sangat bermanfaat untuk semua bidang. misalnya untuk keperluan modeling baju, untuk visualisasi interior, maupun VFX. Nah, kali ini saya hanya menuliskan tentang dasar penggunaan nya saja, dan hasil akhirnya seperti ini:


 Ok, silakan di cek gan . . .


1.    Pada panel Create > Geometry > Box lalu drag pada viewport untuk membuat objek kotak memanjang seperti gambar dibawah.



2.    Di  parameter Box, atur nilai Length=50, Width=100 dan Height=20. Atur juga Length Segs=15, Width Segs=20 dan Height Segs=5. Semakin banyak segmen pada box ini, maka akan semakin baik pula simulasi nantinya.




3.    Pada panel Create > Geometry > Plane lalau drag pada viewport Top sehingga ukurannya lebih lebar dari objek Box. Atur posisiny sehingga plane berada diatas objek box.


4.    Di panel Modify, pada parameter Plane atur nilai Length Segs=50 dan Width Segs=80.



5.    Masih dalam keadaat objek Plane terseleksi, pada tab Modify > Modifier List: Cloth.


6.    Di parameter Cloth, klik tombol Object Properties.


7.    Setelah mengklik tombol Object Properties, maka akan muncul jendela Object Properties seperti gambar. Di jendela ini, pada Object in Simulation seleksi Plane01 lalu aktifkan pilihan Cloth. Ubah Preset menjadi Cotton.


8.    Nah, sekarang kita tinggal menambahkan objek box kedalam simulasi. Caranya, klik tombol Add Object lalu pada jendela  baru yang muncul, pilih Box01 dan klik tombol Add!.


9.    Seleksi Box01 pada Object in Simulation lalu aktifkan pilihan Collision Object dan tekan OK untuk menutup jendela.

10.    Pada parameter Cloth, aktifkan Self Collision dengan nilai=1 supaya kain tidak menembus satu sama lain ketika simulasi.

11.    Terakhir, tekan tombol Simulate Local dan tunggu prosesnya sampai habis. Tombol Simulate Local ini berfungsi untuk mensimulasikan kain tanpa mengubahnya menjadi animasi. Jadi, ketika anda menggeser Time Slider, bentuknya tidak akan berubah seperti animasi. Sangat cocok untuk Modeling.


12.    Jreng jreng . . . . setelah prosesnya habis, saya menjadapat bentuk.


13.    Supaya bentuknya lebih halus dan lipatannya tidak kasar, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth.

14.    Dan . . . saya mendapatkan hasil akhir seperti ini. Sangat sederhana . . .


Ya . . . tutorial ini memang sangat sederhana karena ini hanya pengenalan saja. Cocok untuk pemula yang belum mengetahui cara kerja simulasi kain di 3DS Max. saya harap, dengan tutorial ini anda mengerti dasar-dasarnya.

Terimakasih telah membaca, dan semoga bermanfaat . . . wassalam . . .


EmoticonEmoticon