Tuesday 9 June 2015

Proyek 1 : Free Game "Island Miracle" [part 1/3]

Advertisement

Ini adalah tutorial pertama tingkat intermediate atau sedang, jadi diharapkan tingkat basic sudah bisa dipahami semua.

Pembuatan tutorial proyek game adalah agar lebih memahami fungsi dan script di dalam game. Jadi proyek game pun dibuat dari yang sederhana sampai proyek rumit secara berurut.

Proyek tutorial kali ini akan membuat game "Island Miracle", nama game silahkan boleh diubah sesuai selera dan kreatifitas masing-masing.



MULAI

Buat sebuah pulau dari objek terrain dan buat agar pohon tidak dapat ditembus oleh pemain.

Tutorial membuat pulau : Simple Terrain Unity3D
Tutorial agar pohon tidak dapat ditembus : Tips Agar Karakter Tidak Menembus Pohon



Setelah dijalankan akan ada pesan "terdapat 2 Audio Listener di dalam Game", untuk menanganinya hapus main camera di dalam game atau hapus komponen Audio Listener di dalam Main Camera.


Buat object kosong dan beri nama "Music Background" untuk menambah music di dalam game, kemudian masukan objek kosong ini ke dalam objek "First Person Controller". 
Untuk menambah objek kosong tekan GameObject- Empty.

Kemudian berikan komponen Audio Source. Component - Audio - Audio Source.



Masih di objek kosong tadi, lihat jendela inspektor - Audio Source, tambahkan music pada bagian audio Clip. 


Buat objek kosong lagi dan ubah nama menjadi "Crystal". Nantinya objek kristal ini yang akan dicari oleh pemain dalam game. 

Tambahkan komponen box collider, Component - Physics - Box Collider. Box Collider ini nantinya digunakan untuk mendeteksi pemain, jika pemain menyentuh box collider maka score bertambah 1 dan objek kristal dihilangkan.


Tambahkan komponen particle "Sparkle Rising" dari Assets - Import Package - Particles.

Perlu diingat jadikan komponen ini sebagai sub-objek dari kristal, caranya klik tekan dan geser komponen menuju objek Crystal di hirarki.


Klik objek "Crystal" dan lihat inspektor, ubah nama tag menjadi Kristal. Jika nama tag belum ada bisa buat tag baru "Add Tag".


Langkah selanjutnya adalah Ceklis "Is Trigger" pada menu Box Collider objek Crystal.
Perbedaan antara "Is Trigger" yang diceklis dan yang tidak : Perbedaan OnTrigger dan OnCollision



Duplikat objek crystal dengan CTRL + D, kemudian atur posisi tiap crystal berjauhan atau sesuai kreatifitas masing-masing.



SELESAI


EmoticonEmoticon