Thursday 11 June 2015

Blender Tutorial : Simple Architecture [part 2]

Advertisement

Ini adalah lanjutan dari tutorial Blender : Simple Architecture [part 1].

Pada tutorial part 1 sudah dijelaskan proses pemodelan, pada part 2 akan dijelaskan bagaimana memberikan texture langsung di jendela Game Unity.


MULAI

Untuk melakukan pewarnaan di Unity sebelumnya harus dilakukan proses UV/ Image Editor [versi 3] agar texture diproses di jendela UV terlebih dahulu.

Tutorial seperti ini dapat dipelajari di Mengenal UV/ Image Editor [versi 3]
Pahami tutorial versi tiga dan mulai proses UV pada tutorial ini.


Karena pada model ini terdapat 4 objek yaitu (Alas, Tubuh, Pagar dan Atap), maka lakukan pemrosesan UV/ Image [versi 3] sebanyak 4x pada objek yang berbeda.

Perubahan warna ketika perintah ALT+Z ditekan bisa diabaikan, karena nanti proses pewarnaan dilakukan di unity.



Jika proses UV selesai impor model dengan ektesi fbx dan impor ke dalam Unity.

Seleksi 4 objek pada Model 3D kemudian berikan komponen Mesh Collider. Pemberian Collider ini berguna agar ada pembatas antar objek dan model3D sehingga model3D tidak bisa ditembus pemain.



Buat folder "Materials" di dalam asset, folder ini digunakan untuk menyimpan material di proyek game.

Pada folder Materials, buat 4 material baru dan beri nama sesuai 4 objek di dalam model 3D. Klik kanan - Create Material.


Tambahkan texture pada material tersebut. Klik salah satu material kemudian lihat jendela inspektor klik select dan pilih texture yang sesuai.

Untuk texture bisa dicari dan didownload dari internet, banyak yang gratisan.


Tambahkan material-material tersebut ke objek-objek di dalam model 3D. 


Jalankan game.


SELESAI


EmoticonEmoticon