Thursday 14 May 2015

Blender Tutorial : Membuat Model Pertama Di Blender

Advertisement

Pada tutorial kali ini, lebih memfokuskan pemahaman pada fungsi-fungsi blender dan bukan pada model yang akan dibuat, karena ketika sudah paham fungsi-fungsi pada blender akan mudah dalam membuat model tiga dimensi.




Sebelumnya kita buat kata kunci untuk mempermudah pemahaman tiga selection tools pada edit mode.

A. M. Titik     : Seleksi titik-titik pada objek
B. M. Garis    : Seleksi garis-garis pada objek
C. M. Face     : Seleksi face atau mesh.



MULAI

Anggap saja sudah menginstall aplikasi blender dan membuat proyek baru.


Setelah membuat proyek baru, maka akan ditampilkan layar kerja blender dan sebuah objek kubus. 



Tahap pertama ubah ukuran kubus pada vektor z, pertama seleksi objek dengan tombol A sampai ada garis kuning pada sisi objek. tekan S(edit Size) pada keyboard dan tekan Z (untuk menentukan vektor Z) lalu tarik ke depan kursor sampai bentuk objek seperti pada gambar.



Masuk ke Edit mode dimana ini adalah jendela untuk mengedit objek.



Tahap selanjutnya menambahkan potongan-potongan pada objek, potongan ini berguna agar proses penambahan objek baru dari objek yang sudah ada dapat dilakukan dengan mudah.

Tekan CTRL + R kemudian dekatkan kursor pada objek maka akan terlihat satu garis berwarna pink, untuk menambah potongan atau garis gunakan scroll pada mouse (scroll ketika warna garis masih pink), jika sudah klik kiri untuk mengeksekusi.



Hasil potongan akan seperti gambar di atas.



Pada tahap ini, gunakan M. Face untuk menyeleksi mesh pada objek, untuk menyeleksi mesh yang banyak seperti pada gambar di atas, tekan B (digunakan untuk menyeleksi secara acak) dan tekan klik kiri kemudian tarik sampai membentuk kotak yang akan menyeleksi objek.

Hapus bagian yang diseleksi dengan tekan tombol "X" dan akan ada 3 pilihan utama, yaitu :
- Verteks : Digunakan untuk menghapus titik-titik yang diseleksi.
- Edge : Digunakan untuk menghapus garis-garis yang diseleksi.
- Face : Digunakan untuk menghapus face atau permukaan yang diseleksi.

Karena disini face atau permukaan yang diseleksi, maka pilih "face".

Seleksi setengah dari objek untuk dihapus, alasan dihapus nantinya objek akan diberi efek "Mirror" yang akan memiror sisi sebelahnya sehingga sisi kiri dan kanan akan memiliki bentuk yang sama.




Setelah dipotong, seleksi satu mesh dengan M. Face dan klik kanan pada mesh yang akan diseleksi.



setelah diseleksi tekan "E" untuk menambah objek baru dari objek yang sudah ada kemudian tarik ke atas, nantinya ini akan menjadi bagian belakang pada model kursi.

Jika tingginya kurang, bisa ditambahkan dengan seleksi satu mesh bagian atasnya saja kemudian tekan "G" untuk memindahkan face, untuk mengatur agar lurus ke atas, setelah "G" ditekan kemudian tekan "Z" untuk arah vektor Z.

Ada 3 Vektor yaitu X, Y dan Z , silahkan berkreatifias dan mencoba sendiri untuk fungsi ini.





Untuk membuat penahan belakang (buat senderan), gunakan cara yang sama seperti cara-cara di atas, yaitu pertama potong-potong sesuai selera dengan CTRL + R, kemudian seleksi dan tambahkan objek baru dengan tekan "E" dan "G" untuk mengatur posisi mesh.



Jika sudah pada objek ini terdapat bagian yang kosong karena proses pemotongan di atas. untuk menutupnya gunakan M. Garis untuk menyeleksi garis-garis pinggiran. Ada 2 cara menyeleksi garis yang banyak, pertama dengan tekan SHIFT kemudian satu persatu klik kanan pada garis. Cara kedua dengan ALT + klik kanan, secara otomatis semua garis akan diseleksi, jika sudah tekan "F" untuk menutup.



Lanjut untuk membuat kaki kursi, pertama seleksi 4 mesh dengan M. Face SHIFT + klik kanan , jika sudah tekan X pilih "Disolve" digunakan untuk menghapus potongan-potongan yang telah dibuat sebelumnya.



Gunakan cara yang sama seperti di atas untuk membuat kaki kursi depan belakang.



Setelah itu masuk kembali ke jendela Objek Mode.



Lihat pada gambar dan berikan efek Mirror, kegunakaannya silahkan lihat gambar bawah.



Setelah Mirror ditambahkan kadang posisi dari mirror acak-acakan, itu karena kita harus mengatur arah yang akan di mirror, pada gambar di atas di sebelah kanan gambar dan di bawah tulisan Add Modifier ada Menu "Axis" , coba ceklis satu persatu agar mirror sesuai yang diharapkan.




Langkah terakhir adalah memberi warna pada objek, di blender ada 3 cara dalam memberi warna, yaitu :
1. Texture
2. UV/Image Editor
3. Tempel.

3 cara tersebut sudah dibahas di Teknik-Teknik Mewarnai pada Blender

Pada tutorial kali ini hanya menggunakan pewarnaan sederhana yaitu cara pertama (Texture).

Lihat pada gambar pilih material, klik warna pada menu Diffuse kemudian pilih warna sesuai selera.


SELESAI





EmoticonEmoticon