Sunday 10 May 2015

Berkenalan Dengan OS Android

Advertisement



Android (sistem operasi) atau OS Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.


Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.


Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).



Tiga Versi Android Terbaru

Jelly Bean (Android 4.1–4.3)



Google merilis OS Android Jelly Bean pada bulan Juli 2012. Bersama dirilisnya Jelly Bean, Google juga merilis perangkat Nexus 7 yang merupakan produk buatan ASUS. Di dalam Jelly Bean terdapat pembaharuan fungsi dan kinerja UI, peningkatan input keyboard dan terdapat aplikasi pencarian Google Now yang bekerja dengan melakukan perintah suara dan memberi banyak informasi seperti cuaca dan traffic.



KitKat (Android 4.4+)



OS Android versi terbaru dan paling update bernama KitKat. KitKat pertama kali muncul pada Oktober 2013 bersama perangkat LG Nexus 5. OS Android KitKat mengalami pembaharuan UI seperti navigasi dan status bar transparan dan dapat bekerja dengan optimal pada perangkat yang memiliki spesifikasi rendah.



Lolipop (Android 5.+)



Google akhirnya secara resmi merilis sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop. Secara teknis, Android Lollipop diklaim sebagai update sistem operasi terbesar yang pernah dilakukan Google. Konon, perangkat yang menggunakan OS Android L ini akan mampu berintegrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch berbasis Android.

Perangkat smartphone yang beruntung mencicipi sistem operasi ini untuk pertama kali adalah dari keluarga baru Nexus yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini, antara lain Nexus 6 dan Nexus 9.



EmoticonEmoticon