Friday 16 January 2015

ANDROID No.5: Beberapa problem ketika pertama menggunakan Android Studio (dan solusinya)

Advertisement


Sudahkah anda mengenal dan mencoba menggunakan Android Studio?
Android Studio merupakan Official IDE (Integrated Development Environment) dari Android (Google). IDE ini merupakan IDE resmi untuk membuat aplikasi berbasis Android.
Sebelum Android Studio dirilis sekitar bulan - bulan akhir 2014 para developer menggunakan Eclipse with ADT (Android Development Tool). Sekarang, semakin banyak Developer yang menggunakan Android Studio baik para pemula maupun para expert yang beralih dari Eclipse ADT.

Nah, untuk para pengguna baru, pasti akan menemui problem saat pertama menginstall maupun menjalankan IDE ini.
Berikut kita bahas beberapa problem dan pemecahannya.



Problem - problem dibawah ini diambil dari Forum Diskusi MediaTutorial, untuk anda yang mungkin mengalami problem yang sama, silahkan bisa ditanyakan di Forum Diskusi tersebut.
PERLU DIINGAT, bahwa Pemrograman Android adalah pemrograman yang berbasiskan Java, jadi pastikan anda telah menginstall JDK (Java Development Kit) pada komputer anda. Bila belum, installah JDK sesuai dengan system operasi komputer anda.
Untuk menginstallnya anda bisa mengklik di situs Oracle http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Problem dan Pemecahan pada saat pertama menggunakan Android Studio.
1.Android Studio gagal mendeteksi JVM di Win 8.1 64 bit
Saya ambil dari http://expert.mediatutorial.web.id/discussion/38/android-studio-gagal-mendeteksi-jvm-di-win-8-1-64-bit
Saya baru saja install android studio di Windows 8.1 64 bit,
saya pun juga sebelumnya sudah menginstall JDK 8 (32bit) pada komputer saya,
saya pun juga sudah menambahkan system variable JAVA_HOME dan mensetting value nya dengan benar,
lihat gambar:


saya check di command prompt pun juga java sudah terinstall dengan benar:
lihat gambar:


tapi ketika saya membuka software android studio selalu ada tulisan JVM not found.
heran? kenapa ya???
help
lihat gambar:


Solusi: Anda bisa mencoba install jdk 64 bit, kemudian system variable JAVA_HOME tadi isikan value nya dengan path dari JDK 64bit tersebut.

2.Android Studio error: tidak bisa mendetek build-tools:21.1.1
Saya ambil dari: http://expert.mediatutorial.web.id/discussion/39/android-studio-error-tidak-bisa-mendetek-build-tools-21-1-1
Saya bingung dengan Android Studio saya, selain error pada windows 8.1 64bit kemarin, saya coba install di windows 7 32 bit,
dan errornya pun seperti ini, lihat gambar:


Saya berusaha mencari apakah builds-tools tersebut tidak ada, tapi setelah saya mencari ternyata ketemu:
lihat gambar:


Tapi dari yang saya temukan tersebut versi dari builds-tools adalah 21.1.2,
nah apakah android studio membutuhkan versi 21.1.1 terlebih dahulu dan harus konek ke internet untuk mendownloadnya???
Solusi: Koneksikan komputer anda ke internet, Android Studio secara otomatis akan mendownload file - file yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

3.Error: x86 emulation currently requires hardware acceleration
Saya ambil dari: http://expert.mediatutorial.web.id/discussion/42/error-x86-emulation-currently-requires-hardware-acceleration#latest
Saya sudah install ok Android Studio,
Sudah update, path dan lain - lain dengan meng-konek kan ke internet.
Ada problem lain yang muncul, yaitu ketika akan run code, maka muncul error lagi seperti gambar di bawah ini:

Adakah solusi??

Solusi: Coba install intall HAXM nya,
bisa dengan Android Manager , lihat daftar extra, nah, disana ada INTEL HAXM nya,
atau,
coba check C:\Users\KomputerMu\AppData\Local\Android\sdk\extras\intel\
nah bila sudah ada installer HAXM nya, coba double click untuk menginstall HAXM tersebut.

Note:
Untuk menginstal x86 intel haxm, processor anda harus support Intel Virtualization.
Secara default, Intel Virtualization adalah off (mati), untuk menghidupkan nya anda bisa membuka bios anda dan men-setting nya ke on (hidup).


PENJELASAN TENTANG INTEL HAXM
INTEL HAXM (Intel Hardware Accelerated Execution Manager) adalah sebuah terobosan baru dari Intel untuk para Developer Android yang menginginkan kecepatan debug/run pada Android Emulator.
Kenapa demikian? karena, sebelumnya, untuk me-run aplikasi Android yang kita buat pada emulatornya ternyata sangatlah lambat. Yup, lambat sekali.:'(

Nah, untuk anda para pengguna komputer yang ber-processor Intel tidak perlu cemas dengan lambatnya proses emulator pada Android, anda tinggal mengaktifkan Intel Virtualization dari bios anda kemudian menginstall Intel Haxm, caranya seperti di atas.

Bila ingin tahu lebih jauh tentang Intel Haxm, bisa baca di link ini: http://teknojurnal.com/mempercepat-emulator-android-di-arsitektur-intel/

Itulah beberapa problem saat pertama menggunakan Android Studio.
Mungkin ada problem yang lain? anda bisa sharing problem anda di Expert Forum (http://expert.mediatutorial.web.id), bila ada problem baru maka kita akan mengupdate artikel ini.

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon