Belum lama ini, Google memperkenalkan add-ons untuk pengguna Google Docs dan Google Sheets. Add-ons ini bermanfaat untuk memperluas kapabilitas dari Google Docs dan Sheets, seperti menulis bibliografi, membuat Table of Contents, dan masih banyak lagi tentunya.
Kali ini saya ingin berbagi daftar-daftar add-ons yang menurut saya menarik, dan jika Anda sependapat, silahkan saja dicoba ;)
1. Table of Contents
Ketika pertama kali saya menggunakan Google Docs untuk mengerjakan tugas kuliah saya, saya cukup terkejut menyadari bahwa Google Docs sudah tidak menyediakan fitur Table of Contents. Hal ini tentunya bisa menurunkan nilai jual produk terkenal Google ini bagi orang yang sering menuliskan karya ilmiah atau semacamnya. Namun tak perlu kecewa lagi, karena sekarang sudah ada Add-ons Table of Contents, sehingga pengguna bisa membuat daftar isi dengan gampang. Jika Anda kebingungan bagaimana membuat daftar isi di paper Anda menggunakan Add-ons ini, silahkan kunjungi situs ini.
2. MindMeister
Apabila Anda tipikal orang yang lebih nyaman melihat informasi secara visual (dengan gambar) daripada dengan text, sehingga suka membuat Mind Map, maka saya sarankan Anda memasang MindMeister untuk Google Docs Anda. Cara penggunaannya simpel, dan hasilnya juga cukup menarik.
3. Track Changes
Salah satu fitur yang mungkin diminati oleh pengguna Ms. Word adalah kemampuan Ms. Word dalam menyimpan perubahan yang dilakukan pada dokumen. Nah, sekarang pengguna Google Docs bisa menikmati fitur menarik ini dengan menginstall Track Changes.
Ok, mungkin untuk saat ini sampai situ saja dulu ya. Daftar Add-ons ini saya dapatkan dari link ini. Linknya sangat bagus, dan rekomendasi mereka juga mantap, tapi tetap ini yang saya sukai dari daftar mereka. Kalau ada lagi yang bagus mungkin akan saya update postingan ini. :)
Google Drive Add-Ons Sumber Gambar: lifehacker.com |
Kali ini saya ingin berbagi daftar-daftar add-ons yang menurut saya menarik, dan jika Anda sependapat, silahkan saja dicoba ;)
1. Table of Contents
Ketika pertama kali saya menggunakan Google Docs untuk mengerjakan tugas kuliah saya, saya cukup terkejut menyadari bahwa Google Docs sudah tidak menyediakan fitur Table of Contents. Hal ini tentunya bisa menurunkan nilai jual produk terkenal Google ini bagi orang yang sering menuliskan karya ilmiah atau semacamnya. Namun tak perlu kecewa lagi, karena sekarang sudah ada Add-ons Table of Contents, sehingga pengguna bisa membuat daftar isi dengan gampang. Jika Anda kebingungan bagaimana membuat daftar isi di paper Anda menggunakan Add-ons ini, silahkan kunjungi situs ini.
![]() |
Table of contents |
2. MindMeister
Apabila Anda tipikal orang yang lebih nyaman melihat informasi secara visual (dengan gambar) daripada dengan text, sehingga suka membuat Mind Map, maka saya sarankan Anda memasang MindMeister untuk Google Docs Anda. Cara penggunaannya simpel, dan hasilnya juga cukup menarik.
![]() |
MindMeister |
3. Track Changes
Salah satu fitur yang mungkin diminati oleh pengguna Ms. Word adalah kemampuan Ms. Word dalam menyimpan perubahan yang dilakukan pada dokumen. Nah, sekarang pengguna Google Docs bisa menikmati fitur menarik ini dengan menginstall Track Changes.
![]() |
Track Changes |
Ok, mungkin untuk saat ini sampai situ saja dulu ya. Daftar Add-ons ini saya dapatkan dari link ini. Linknya sangat bagus, dan rekomendasi mereka juga mantap, tapi tetap ini yang saya sukai dari daftar mereka. Kalau ada lagi yang bagus mungkin akan saya update postingan ini. :)
EmoticonEmoticon