Semua tutorial disini berbentuk tutorial teks, dan juga berdasar pada kasus sehingga materi yang dibahas lebih lengkap dan kumplit mulai dari modeling, animasi, rendering sampai simulasi. Ok, langsung saja gan , berikut adalah tutorialnya:
1. Membuat Pesawat Sederhana
Di tutorial ini, akan dijelaskan dasar-dasar permodelan objek sederhana menggunakan teknik Box Modeling, yaitu berkreasi membuat model dari objek box sebagai dasarnya. Dengan memahami teknik ini, anda dapat membuat objek yng lebih rumit lagi. Silahkan klik disini untuk tutorialnya.2. Membuat Portal
Ide dasar tuttorial ini adalah membuat rangka besi seperti pada menara dengan menggunakan box. Box dibuat tinggi dengan segment yang cukup banyak dan teratur. Kemudian box diatur agar hanya terlihat rangka/wireframenya saja . Dengan menggunakan teknik ini, agan bisa membuat jaring, menara, atau rangka yang rumit sekalipun. Silahkan klik disini.3. Membuat Model Bola Sepak
Disini kita akan membuat objek bola, lengkap dengan alur hexagon nya. Selain modeling, disini juga akan dibahas bagaimana menerapkan dua material pada satu objek dengan menggunakan identitas material. Hasilnya, bola mempunyai motif hitam dan putih seperti gambar disamping.4. Modeling Bola Duri
Ditutorial ini, akan dibahas bagaimana menyebar sebuah objek pada objek lainnya secara dinamis. Kita tidak perlu repot-repot menduplikat objek tersebut karena secara otomatis langsung dapat diatur jumlah penyebaran nya. objek yang disebar pun akan mengikuti permukaan secara langsung dan realtime.5. Greeble Modeling
Ok, di tutorial ini kita akan membuat geometry yang mempunyai detil seperti mesin, artifak dan motif unik lainnya. Teknik ini sangat berguna untuk membuat objek seperti pesawat luar angkasa, perkotaan, industri dan lain-lain.Akan dibahas pula cara membuat material yang mengilluminasi kan cahaya, shingga objek akan tampak berpendar walaupun suasana cahaya kurang . . .
6. Modeling Bukit dan Pegunungan
Membuat objek pegunungan berbeda dengan pembuatan objek lainnya, karena disini, kita menggunakan prosedur displace. kita tidak bermain-main dengan polygon, vertex maupun edge karena semuanya diatur menggunakan maps.Selain itu, disini juga akan dijelaskan membuat pohon-pohon disekitar pegunungan menggunakan Particle Flow yang super dinamis, sehingga kita dapat dengan mudah memvariasikan penyebaran pohon tersebut.
7. Membuat Cincin
Membuat cincin tidak terlalu rumit, cukup menggunakan objek Tube lalu variasikan sedikit. Setelah modeling, kita akan membuat material cincin tampak berkilau dan memantulkan cahaya, sehingga membuat efek caustic pada lantai. Hasilnya cukup realistis walaupun menggunakan standar Scanline renderer.8. Mengenal Camera Map
Disini, akan menjelaskan apa itu Camera Map, dan untuk apa fungsinya. semuanya akan dijelaskan dalam bentuk tutorial langkah-demi langkah, dan hasil akhirnya seperti gambar disamping.9. Membuat Rumput di 3DS Max
3DS Max mempunyai fitur Hair and Fur, dimana anda bisa membuat objek berbulu dan berambut.Pada kasus ini, kita akan menggunakan Hair and Fur tersebut untuk membuat rumput yang realistis. Dijelaskan pula teknik pemberian material dan rendering nya. Hasilnya seperti gambar disamping . . .
10. Membuat Pemandangan Laut
Di tutorial ini kita akan membuat suasana laut menggunakan Objek-objek sederhana. Kita hanya menggunakan objek Geosphere sebagai langit, dan Plane dengan segment yang banyak sebagai lautnya.Yang unik adalah material laut yang akan menyesuaikan dengan gambar langit, sehingga tampak realistis.
11. Membuat Efek Depth of Field
Disini, kita akan membuat salah satu efek yang populer, yaitu Depth of Field. Dengan beberapa buah objek anak catur, kita akan membuat kamera hanya fokus ke salah satu anak catur saja, sehingga objek lainnya akan tampak buram.12. Membuat Animasi Benda Lentur
Disini akan dijelaskan cara membuat animasi benda lentur lengkap dengan Second Motionnya. Tutorial terdiri dari 14 langkah, dan disertai gambar.13. Animasi Tanaman Tumbuh
Pada tutorial ini, kita akan belajar membuat animasi tanaman menjalar menggunakan Spline yang di modifikasi sedikit. Supaya tampak lebih meyakinkan, pada bagian bawahnya ditambahkan animasi daun-daun dan rantingnya menggunakan Ivy Generator.14. Animasi Otomatis dengan Noise Float
Selain mendukung animasi keyframe, 3DS Max juga mempunyai tool untuk mengontrol animasi, agar objek bergerak secara otomatis.Tool yang dibahas adalah salah satu Controller-nya Assign Controller, yaitu Noise Float. Bagaimana cara menggunakannya, yuk klik disini.
15. Animasi Perubahan Kamera.
Disini, kita akan belajar bagaimana mengubah sudut pandang kamera dalam sebuah animasi. Sangat berguna untuk pembuatan animasi agar tampak lebih menarik.16. Dasar Simulasi Kain
Di tutorial ini akan dijelaskan bagaimana mensimulasikan objek kain, sehingga didapat gerakan jatuh yang realistis. Tutorial menggunakan Modifier Cloth.17. Membuat Simulasi Rumah Ambruk
Topik di tutorial ini adalah membuat simulasi rumah yang ambruk menggunakan Reactor. Kita tidak akan menganimasikan objek, karena semua objek akan bergerak otomatis ketika terjatuh atau tertabrak objek lain, sama seperti dunia nyata. Kita bisa mengatur kapan waktu ambruk nya, seberapa besar gesekan, dan juga pantulan objek.
18. Membuat Bumper Teks
Ok, disini materi yang dibahas adalah animasi. bagaimana membuat animasi dasar menggunakan 3DS Max.
EmoticonEmoticon