By: Benard
Setelah sebelumnya kita telah mencoba menginstall XAMPP dan menginstall Wordpress pada komputer local, sekarang kita akan mencoba memanagemen Administrasi dasar pada Wordpress.
Dalam administrasi dasar kali ini kita akan membahas tentang Administrasi Post, Media, Links, Pages, Komentar, Tampilan/Appearance, dan management user.
A.Tujuan
1.Dapat mempersiapkan kebutuhan administrasi dasar untuk administrasi website
2.Dapat memperagakan administrasi website pada halaman administrator.
B.Persiapan:
Sebelum memulai pekerjaan administrasi website, sebaiknya persiapkan kebutuhan
sebagai berikut:
1.Artikel
2.Gambar untuk artikel
3.Daftar halaman/pages yang akan dibuat, sebagai contoh:
*Tentang kami
*Profil
*Kontak
4.File tema/theme website
C.Login untuk Pertama Sekali
Akses halaman administrator pada alamat :
Klik tombol Login untuk masuk ke halaman administrasi website dengan username
dan password admin.
Apabila login berhasil, maka akan dijumpai halaman utama seperti pada gambar.
D.Post
Menu Post digunakan untuk membuat artikel yang akan ditampilkan pada website
Fungsi dari item yang ditandai pada gambar tersebut:
1.Add New: Tombol untuk membuat artikel/post baru
2.Daftar Artikel
3.Kolom Pencarian Artikel
Berikut ini beberapa operasi yang ada dilakukan pada menu Post:
a.Menambah Artikel/Post
-Menambah Artikel/Post : Klik “Add New”
Setelah artikel di tulis pada editor, simpan dan tampilkan artikel dengan tombol
Publish.
Klik View post untuk menampilkan artikel pada halaman pengunjung website.
-Edit artikel menggunakan tombol Edit dengan mengarahkan kursor mouse ke judul artikel.
Gunakan tombol Update untuk menyimpan perubahan pada artikel.
-Untuk menghapus artikel dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Trash dengan mengarahkan kursor pada judul artikel yang akan dihapus. (lihat gambar di atas)
b.Menambah Kategori
1.Klik Categories pada menu Post
2.Tambahkan kategori dengan tombol Add New Category
Gunakan tombol yang ada pada tabel daftar ketegori untuk melakukan operasi edit
atau hapus.
c.Tag
Tag merupakan kata kunci dari artikel, sehingga tag dapat membuat artikel saling
terkait. Gunakan tag yang sama untuk mengaitkan suatu artikel dengan artikel lain.
Operasi yang dapat dilakukan pada tag, mirip dengan operasi pada ketegori yang
telah dibahas sebelumnya.
Penambahan kategori dan tag sebenarnya juga dapat dilakukan pada saat
pembuatan atau edit artikel, karena terdapat fasilitas berupa shorcut yang ada
disebelah kanan pada halaman pembuatan artikel. Perhatikan gambar:
E.Media
Media digunakan untuk mengatur file yang nanti digunakan pada website, file tersebut
dapat berupa gambar, document maupun audio/video.
Berikut operasi yang ada pada media:
a.Menambah Media
1.Klik Add New pada halaman Media untuk mengupload file.
2.Klik Select files untuk memilih file yang akan diupload.
3.Setelah file terupload, penambahan informasi mengenai file tersebut juga dapat
dilakukan, perhatikan gambar:
Klik Save all Changes apabila selesai melakukan perubahan.
b.Menghapus Media
Gunakan tombol Delete Permanenly untuk menghapus media yang akan dihapus.
c.Edit Media
Gunakan tombol Edit untuk melakukan perubahan pada media yang diiginkan.
F.Links
Link digunakan untuk menampilkan website-website lain pada halaman pengunjung.
a.Menambah Link
1.Klik tombol Add New
2.Perhatikan gambar untuk langkah selanjutnya:
Buatlah terlebih dahulu kategori untuk menampung link-link nantinya agar lebih
teratur. Lihat contoh yang ada pada gambar diatas. Kemudian pilih kategori tersebut
dengan menceklisnya.
Simpan link website dengan mengklik tombol Add link.
b.Edit dan hapus Link
Gunakan tombol Edit untuk melakukan perubahan , sedangkan untuk menghapus link, gunakan tombol Delete.
G.Pages
Pages/ halaman merupakan halaman-halaman yang ada pada website pengunjung.
Halaman tersebut dapat berisi : Form isian tertentu (semisal pendaftaran), kontak dan
lain sebagainya.
Seperti yang telah di sepakati pada persiapan sebelumnya, akan dibuat beberapa
Pages, yaitu:
*Tentang kami
*Profil
*Kontak
Pada Instalasi Wordpress yang baru, terdapat sebuah Pages yang digunakan sebagai
contoh. Pages itu di beri nama “Sample Page”.
Selanjutnya akan dipelajari cara manajemen Pages.
a.Membuat Pages Baru
1.Klik “Add New” untuk menambah Pages
2.Sebagai contoh, buatlah halaman untuk “Tentang Kami”.
Untuk mengakhiri pembuatan, klik tombol “Publish”, kemudian bukalah halaman
pengunjung.
ika pembuatan Pages/halaman berhasil, maka hasilnya akan tampak seperti pada
gambar.
Buatlah halaman yang lainnya dan sesuaikan isi masing-masing halaman tersebut.
Maka akan tampak hasilnya seperti pada gambar berikut:
b.Edit dan Hapus Pages
Untuk mengedit halaman, gunakan tombol Edit, sedangkan untuk menghapus
halaman, gunakan tombol Trash untuk menghapus halaman yang ingin dihapus
dengan menyorot judul halaman pada daftar halaman.
H.Pengaturan Kometar / Comments
Komentar yang dimaksud ialah balasan berupa komentar yang tulis oleh pengujung
website pada artikel di halaman pengunjung. Berikut tampilan form komentar pada
artikel:
Pengaturan pada Wordpress mengharuskan agar setiap komentar harus di
Approve/disetujui terlebih dahulu sebelum di tampilkan pada kolom komentar di
artikel.
Gunakan tombol Approve untuk mengizinkan komentar tersebut tampil pada artikel
yang dikomentari.
Sedangkan apabila ingin memperbolehkan komentar secara langsung tampil ketika
pengunjung mengirimkannya. Lakukan pengaturan berikut:
Hilangkan tanda ceklist pada “Comment author must have a previously approved
comment” dan klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.
I.Appearance
Merupakan menu yang digunakan untuk pengaturan tampilan website, seperti
tema,widget, header, maupun background website.
Selanjutnya beberapa pengaturan pada menu Apprearance akan dijelaskan.
1.Themes/tema
Merupakan bagian yang menampilkan kerangka utama pada website. Untuk
melakukan perubahan dapat dilakukan dengan mengganti tema, perhatikan gambar
berikut:
Tentukan tema yang akan di gunakan, kemudian klik tombol Activate untuk
mengaktifkan tema tersebut.
Sedangkan apabila ingin menginstall tema baru, lakukanlah langkah berikut ini:
a.Klik tab Install Themes
Lalu klik tombol Upload. Pilih file tema yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
b.Klik tombol Install Now untuk menginstall tema
Klik Activate untuk mengaktifkan tema yang baru diinstall tersebut.
c.Kemudian lihat hasilnya. Jika berhasil, maka tema website akan berubah sesuai
dengan tema yang diinstall.
2.Widgets
Widgets merupakan aplikasi tambahan yang dapat digunakan pada website,
misalnya jika ingin menampilkan daftar link pada bagian sebelah sebelah kanan
atau kiri website, dapat menggunakan widget bernama Links.
Sebagai contoh, akan ditambahkan widget Links pada bagian sebelah kanan
website, langkah sebagai berikut:
Perhatikan gambar:
Klik lalu seret/drag Links ke sebelah kiri, kemudian klik “Save” untuk menyimpan perubahan.Maka akan menjadi seperti gambar berikut:
J.Manajemen User
Pada website dapat ditambahkan user lain. Sehingga memungkinkan pengimputan
data yang dilakukan oleh lebih dari satu user.
Terdapat 5 tipe user pada Wordpress, yaitu:
*Administrator : Hak akses untuk manajemen keseluruhan website.
*Editor : Dapat melakukan pengaturan terhadap post dan pages
*Author : Hak akses untuk membuat dan menghapus post user itu sendiri
*Contributor : Hak akses menambah konten serta membaca post
*Subscriber : Hak akses hanya untuk mengakses website, sama dengan pengunjung yang tidak terdaftar.
Untuk menambah User gunakan tombol “Add New”
Kemudian, lengkapi form, perhatikan gambar berikut:
Sedangkan untuk menghapus user, gunkan tombol Delete yang terdapat pada daftar user.
Demikian tutorial dasar administrasi pada Wordpress, semoga bermanfaat.
1.Dapat mempersiapkan kebutuhan administrasi dasar untuk administrasi website
2.Dapat memperagakan administrasi website pada halaman administrator.
B.Persiapan:
Sebelum memulai pekerjaan administrasi website, sebaiknya persiapkan kebutuhan
sebagai berikut:
1.Artikel
2.Gambar untuk artikel
3.Daftar halaman/pages yang akan dibuat, sebagai contoh:
*Tentang kami
*Profil
*Kontak
4.File tema/theme website
C.Login untuk Pertama Sekali
Akses halaman administrator pada alamat :
Klik tombol Login untuk masuk ke halaman administrasi website dengan username
dan password admin.
Apabila login berhasil, maka akan dijumpai halaman utama seperti pada gambar.
D.Post
Menu Post digunakan untuk membuat artikel yang akan ditampilkan pada website
Fungsi dari item yang ditandai pada gambar tersebut:
1.Add New: Tombol untuk membuat artikel/post baru
2.Daftar Artikel
3.Kolom Pencarian Artikel
Berikut ini beberapa operasi yang ada dilakukan pada menu Post:
a.Menambah Artikel/Post
-Menambah Artikel/Post : Klik “Add New”
Setelah artikel di tulis pada editor, simpan dan tampilkan artikel dengan tombol
Publish.
Klik View post untuk menampilkan artikel pada halaman pengunjung website.
-Edit artikel menggunakan tombol Edit dengan mengarahkan kursor mouse ke judul artikel.
Gunakan tombol Update untuk menyimpan perubahan pada artikel.
-Untuk menghapus artikel dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Trash dengan mengarahkan kursor pada judul artikel yang akan dihapus. (lihat gambar di atas)
b.Menambah Kategori
1.Klik Categories pada menu Post
2.Tambahkan kategori dengan tombol Add New Category
Gunakan tombol yang ada pada tabel daftar ketegori untuk melakukan operasi edit
atau hapus.
c.Tag
Tag merupakan kata kunci dari artikel, sehingga tag dapat membuat artikel saling
terkait. Gunakan tag yang sama untuk mengaitkan suatu artikel dengan artikel lain.
Operasi yang dapat dilakukan pada tag, mirip dengan operasi pada ketegori yang
telah dibahas sebelumnya.
Penambahan kategori dan tag sebenarnya juga dapat dilakukan pada saat
pembuatan atau edit artikel, karena terdapat fasilitas berupa shorcut yang ada
disebelah kanan pada halaman pembuatan artikel. Perhatikan gambar:
E.Media
Media digunakan untuk mengatur file yang nanti digunakan pada website, file tersebut
dapat berupa gambar, document maupun audio/video.
Berikut operasi yang ada pada media:
a.Menambah Media
1.Klik Add New pada halaman Media untuk mengupload file.
2.Klik Select files untuk memilih file yang akan diupload.
3.Setelah file terupload, penambahan informasi mengenai file tersebut juga dapat
dilakukan, perhatikan gambar:
Klik Save all Changes apabila selesai melakukan perubahan.
b.Menghapus Media
Gunakan tombol Delete Permanenly untuk menghapus media yang akan dihapus.
c.Edit Media
Gunakan tombol Edit untuk melakukan perubahan pada media yang diiginkan.
F.Links
Link digunakan untuk menampilkan website-website lain pada halaman pengunjung.
a.Menambah Link
1.Klik tombol Add New
2.Perhatikan gambar untuk langkah selanjutnya:
Buatlah terlebih dahulu kategori untuk menampung link-link nantinya agar lebih
teratur. Lihat contoh yang ada pada gambar diatas. Kemudian pilih kategori tersebut
dengan menceklisnya.
Simpan link website dengan mengklik tombol Add link.
b.Edit dan hapus Link
Gunakan tombol Edit untuk melakukan perubahan , sedangkan untuk menghapus link, gunakan tombol Delete.
G.Pages
Pages/ halaman merupakan halaman-halaman yang ada pada website pengunjung.
Halaman tersebut dapat berisi : Form isian tertentu (semisal pendaftaran), kontak dan
lain sebagainya.
Seperti yang telah di sepakati pada persiapan sebelumnya, akan dibuat beberapa
Pages, yaitu:
*Tentang kami
*Profil
*Kontak
Pada Instalasi Wordpress yang baru, terdapat sebuah Pages yang digunakan sebagai
contoh. Pages itu di beri nama “Sample Page”.
Selanjutnya akan dipelajari cara manajemen Pages.
a.Membuat Pages Baru
1.Klik “Add New” untuk menambah Pages
2.Sebagai contoh, buatlah halaman untuk “Tentang Kami”.
Untuk mengakhiri pembuatan, klik tombol “Publish”, kemudian bukalah halaman
pengunjung.
ika pembuatan Pages/halaman berhasil, maka hasilnya akan tampak seperti pada
gambar.
Buatlah halaman yang lainnya dan sesuaikan isi masing-masing halaman tersebut.
Maka akan tampak hasilnya seperti pada gambar berikut:
b.Edit dan Hapus Pages
Untuk mengedit halaman, gunakan tombol Edit, sedangkan untuk menghapus
halaman, gunakan tombol Trash untuk menghapus halaman yang ingin dihapus
dengan menyorot judul halaman pada daftar halaman.
H.Pengaturan Kometar / Comments
Komentar yang dimaksud ialah balasan berupa komentar yang tulis oleh pengujung
website pada artikel di halaman pengunjung. Berikut tampilan form komentar pada
artikel:
Pengaturan pada Wordpress mengharuskan agar setiap komentar harus di
Approve/disetujui terlebih dahulu sebelum di tampilkan pada kolom komentar di
artikel.
Gunakan tombol Approve untuk mengizinkan komentar tersebut tampil pada artikel
yang dikomentari.
Sedangkan apabila ingin memperbolehkan komentar secara langsung tampil ketika
pengunjung mengirimkannya. Lakukan pengaturan berikut:
Hilangkan tanda ceklist pada “Comment author must have a previously approved
comment” dan klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.
I.Appearance
Merupakan menu yang digunakan untuk pengaturan tampilan website, seperti
tema,widget, header, maupun background website.
Selanjutnya beberapa pengaturan pada menu Apprearance akan dijelaskan.
1.Themes/tema
Merupakan bagian yang menampilkan kerangka utama pada website. Untuk
melakukan perubahan dapat dilakukan dengan mengganti tema, perhatikan gambar
berikut:
Tentukan tema yang akan di gunakan, kemudian klik tombol Activate untuk
mengaktifkan tema tersebut.
Sedangkan apabila ingin menginstall tema baru, lakukanlah langkah berikut ini:
a.Klik tab Install Themes
Lalu klik tombol Upload. Pilih file tema yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
b.Klik tombol Install Now untuk menginstall tema
Klik Activate untuk mengaktifkan tema yang baru diinstall tersebut.
c.Kemudian lihat hasilnya. Jika berhasil, maka tema website akan berubah sesuai
dengan tema yang diinstall.
2.Widgets
Widgets merupakan aplikasi tambahan yang dapat digunakan pada website,
misalnya jika ingin menampilkan daftar link pada bagian sebelah sebelah kanan
atau kiri website, dapat menggunakan widget bernama Links.
Sebagai contoh, akan ditambahkan widget Links pada bagian sebelah kanan
website, langkah sebagai berikut:
Perhatikan gambar:
Klik lalu seret/drag Links ke sebelah kiri, kemudian klik “Save” untuk menyimpan perubahan.Maka akan menjadi seperti gambar berikut:
J.Manajemen User
Pada website dapat ditambahkan user lain. Sehingga memungkinkan pengimputan
data yang dilakukan oleh lebih dari satu user.
Terdapat 5 tipe user pada Wordpress, yaitu:
*Administrator : Hak akses untuk manajemen keseluruhan website.
*Editor : Dapat melakukan pengaturan terhadap post dan pages
*Author : Hak akses untuk membuat dan menghapus post user itu sendiri
*Contributor : Hak akses menambah konten serta membaca post
*Subscriber : Hak akses hanya untuk mengakses website, sama dengan pengunjung yang tidak terdaftar.
Untuk menambah User gunakan tombol “Add New”
Kemudian, lengkapi form, perhatikan gambar berikut:
Sedangkan untuk menghapus user, gunkan tombol Delete yang terdapat pada daftar user.
Demikian tutorial dasar administrasi pada Wordpress, semoga bermanfaat.
CREATOR : Benhard Contact : Fb | @Twitt Note: Bila anda menemukan link demo atau link source code atau gambar screenshot kadaluarsa, mohon segera menghubungi kami see About |
EmoticonEmoticon