Thursday, 24 January 2013

Variasi Teks dengan 3DS Max

Advertisement

Beberapa hari atau mungkin beberapa minggu yang lalu saya pernah membuat tutorial tentang membuat variasi teks dengan blender, yang menjelaskan cara membuat dan memodifikasi teks pada blender.

Nah, kali ini saya akan membuat variasi teks tersebut dengan menggunakan 3DS Max. disini akan dijelaskan cara menyesuaikan huruf maupun font pada objek teks. Setelah itu, teks akan di pecah menjadi objek/mesh yang terpisah menggunakan Detach. saya mencoba menambahkan background dan mengatur warna nya di after effect, dan hasilnya seperti gambar dibawah:


Ok, berikut langkah-langkahnya gan . . .


1.    Buat teks dengan menekan tombol Create > Shapes > Teks. klik di Viewport Front untuk memasukkan teks.

2.    Untuk mengubah huruf teks, silahkan ketikkan hurup yang diinginkan pada input Teks di rollout parameter. Kalau mau, agan juga bisa mengganti font huruf tersebut. Saya menggunakan font most wanted.




3.    Di panel Modifier > Modifier List > Bevel agar teks mempunyai ketebalan.


4.    Di parameter Bevel tersebut, pada Level 1 atur nilai Height = 12. Aktifkan ceklis Level 2 lalu atur nilai Height= 0.5, dan Outline = 0.2.

5.    Sekarang, teks pun terlihat 3D seperti gambar dibawah.


6.    Seleksi teks lalu klik kanan > Convert to > Convert to Editable Poly supaya teks berubah menjadi mode Polygon.

7.    Pada panel Modify, ubah mode seleksi menjadi Element seperti gambar dibawah.


8.    Seleksi huruf terakhir (pada kasus ini huruf ‘A’) lalu klik tombol Detach.


9.    Pada jendela Detach yang muncul, tekan OK!


10.    Seleksi huruf kedua terakhir (pada kasus ini huruf ‘N’) lalu klik tombol Detach. Tekan OK pada jendela yang muncul.

11.    Ulangi langkah diatas pada teks lainnya, sehingga sekarang semua teks menjadi objek yang berbeda.


12.    Agar Pivot berada di tengah Geometri/Objek, pada panel Hierarchy pada Tab Pivot, Tekan tombol Affect Pivot Only lalu tekan tombol Center to Object.


13.    Agar teks bervariasi, putar masing-masing huruf menggunakan Select and Rotate Tool atau mengubah posisinya.

14.    Saya mendapatkan bentuk seperti ini . . . .


15.    Untuk material, sederhana saja, gunakan material default pada Material Editor (warna abu-abu).


16.    Supaya terasa 3D-nya, tambahkan cahaya atau lampu. Pada panel Create > Lights > Target Direct lalu drag di viewport seperti gambar dibawah. Atur dan sesuaikan posisinya supaya lampu menyorot teks dari kiri – atas.

17.    Pada parameter Target Direct Light, aktifkan ceklis on pada Shadow supaya menghasilkan bayangan pada objek.

18.    Tekan tombol F9 untuk merender . Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah . . .


19.    Agar daerah  objek yang tidak terkena cahaya tidak terlalu gelap, tambahkan lampu omni didepan objek. Kurangi intensitas cahayanya menjadi 0.3.


20.    Setelah dirender, hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah . . . .


Anda bisa berkreasi dengan material untuk mendapatkan hasil yang keren. Mungkin anda bisa coba pakai material dengan ditambah raytrace agar mempunyai refleksi seperti pada tutorial Greeble.

Saya mencoba pakai material Vray, dengan warna abu-abu dan mengubah warna refleksi menjadi abu-abu juga agar tidak terlalu solid. Glossiness diturunkan agar refleksi objek terlihat kabur dan permukaan menjadi terlihat kasar. Hasilnya menjadi seperti gambar dibawah.


Terakhir, saya mengatur warna dan background di after Effect. Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah.


Ya , , ,  anda bisa membuat gambar yang lebih bagus lagi dari gambar diatas dengan kreasi anda sendiri. Terima kasih telah berkunjung . . . .


EmoticonEmoticon