Tuesday 18 October 2011

Mengatasi File Explorer Yang Hilang

Advertisement

Kemarin pas lagi otak-atik 3DS Max, tiba-tiba komputer hang gak bisa di apa-apain. Start menu gak berfungsi sama sekali, explorer pun gak jalan. Shortcut desktop pun gak bereaksi. sumpah, panik!
Lama ane mikir, mau di pencet tombol power atau restart, ada dokumen yang belum di save. Kepikiran deh buka task manager. Setelah dicoba pencet shotcut Ctrl+Alt+Del, Alhamdulilah muncul juga. Disitu saya coba buka explorer lewat run, dan ternyata ada alert yang berisi informasi kalau windows tak menemukan file Explorer.exe, berarti file explorernya hilang.

Nah, dari situ saya ingat kalau tadi Avira menemukan beberapa file yang terjangkit virus, kemungkinan file yang terjangkit salah satunya file explorer tadi. Setelah coba buka avira lewat run gak bisa, akhirnya saya buka photoshop.exe. Dan membuka avira lewat fasilitas File> Open, dan mencari file avcenter.exe di program files. setelah ketemu, langsung saya buka dengan cara klik kanan> run. Dan, Avira Center pun terbuka. Hahaha....

Saya lihat di menu Quarantine, dan ternyata ketemu deh biang keroknya. disitu saya lihat beberapa file penting dari system32 Windows masuk ke Quarantine akibat tejangkit virus w32/virut.gen. Hampir semuanya fle berekstensi .exe. Gak ada pilihan lain, saya pun merestore semua file ke tempat semula. Dan beberapa detik kemudian, start menu dan taskbar pun mulai muncul, dan desktop pun bisa digunakan lagi. Alhamdulilah...

Bagi yang pernah mangalami atau mungkin sedang mengalami hal yang persis seperti kasus diatas, mungkin bisa dicoba. Moga bermanfaat buat semuanya....


EmoticonEmoticon